Hidup Ternyata (Benar) Sedramatis Sinetron

Dulu, saya seringkali beranggapan bahwa orang-orang yang jatuh sakit karena terlalu banyak pikiran itu hanya bisa saya temukan di sinetron. Dulu, saya suka tertawa mengejek ketika melihat sinetron yang tokohnya depresi dan sakit-sakitan karena kisah asmaranya tak berakhir baik. Dulu, saya kadang-kadang mendadak mual melihat kilasan sinetron yang tokoh perempuannya terbaring lemah tak sanggup bangkit karena renjananya memilih pergi daripada hidup bersamanya.

Tapi, ternyata, kini SAYA-lah perempuan dalam sinetron itu. Sayalah si tokoh sakit-sakitan yang kerap muncul dalam sinetron-sinetron cengeng bertema cinta tak kesampaian. Saya juga tak tahu kenapa, belakangan kesadaran memenuhi otak saya. Kesadaran bahwa hidup pun ternyata bisa terlalu dramatis layaknya sinetron. Kesadaran itu pun muncul setelah hal dramatis ini saya alami sendiri.

Dulu, saya tak pernah menganggap serius suatu masalah, apalagi berkaitan dengan hati. Tak pernah saya sampai bisa jadi stres karena satu masalah bernama asmara. Tak pernah juga saya sampai sakit karena memikirkan seseorang yang teramat dicinta, tapi teramat tak mungkin untuk digapai. Tapi, pikiran saya yang dulu itu sudah patah. Semuanya sudah saya alami sekarang. Saya sudah dua kali jatuh sakit (hampir bertubi-tubi) dalam waktu sebulan ini, dan dokter pun menasehati, “Jangan terlalu banyak pikiran.” Beberapa teman juga bilang, saya harus menerima segalanya di masa lalu dan jangan malah larut dalam depresi. Intinya, terima apa yang bukan milik saya. Dan, syukuri apa yang telah jadi milik saya.

Hhh, saya pun jadi malu pada ejekan atau sinisme yang sering saya tujukan untuk sinetron Indonesia. Saya pun kini tahu, bahwa hidup bisa benar-benar jadi dramatis bak sinetron.

Foto: Stockexchange.

Leave a Reply

