Mungkin Karena Zaman?

mother_and_son_mothers_day_card-p137908273813856643tdtq_400

Dua hari berturut-turut, hari ini dan kemarin, saya sebis dengan seorang anak laki-laki yang didampingi wanita muda berjilbab. Laki-laki yang kira-kira berusia 10 tahunan ini jelas kelihatan adalah anak berada; kulitnya bersih, sepatu bermerek (Puma), baju-bajunya ‘beradab’, berkacamata trendi (berbingkai putih), dan sebuah ponsel menggelantung dengan tali di lehernya. Dan, dari sudut pandang saya, anak ini cukup ganteng. Agak sipit, tapi menarik.

Dia jadi menarik perhatian saya karena wanita yang mendampinginya. Karena tadi bis agak penuh, si wanita pendamping duduk di sebelah saya, sedangkan si anak laki-laki tak jauh darinya. Wanita yang bersamanya adalah wanita muda berjilbab, agak pendek, dan penampilannya seolah ada di kasta lebih rendah dari si anak. Dan, benar saja, saya sempat mendengar si anak memanggil dia “Mbak”. Langsung saya bisa berkesimpulan, wanita ini adalah baby sitter-nya, pengasuh, orang yang menjaga si anak ketika orangtuanya tak ada.

Nah, hal terakhir itu yang menarik saya. Kemanakah orangtuanya? Tunggu, jangan dijawab. Ini hanya pertanyaan retorits. Sebab, saya sudah punya pendapat sendiri. Anak ini adalah salah satu “anak masa kini” yang orangtuanya sibuk berkarier dan tak sempat lagi mengurus anak sendiri. Memang baru asumsi. Tapi, kalaupun yang ini tidak benar, banyak anak lain yang sungguh-sungguh mengalami ini. Bisa jadi beruntung kalau baby sitter si anak memang orang baik-baik. Tapi, bisa jadi buntung kalau orang yang selalu mendampingi si anak adalah “orang tak begitu baik”. Apa yang bisa orangtua lakukan kalau sudah kena asamnya? Tidak ada. Menyesal? Pasti. Setelah itu apa? Tauk. Hehe..

Foto: sini.

Leave a Reply

