Bentuk Baru dari Kata

1120770_70947140

Mediasatu, 5 Juni 2009

Pekerjaan boleh saja menyita waktu dan tenaga. Tapi, “ia” tak boleh merebut kebahagiaan kita. Itulah yang saya pegang.

Selama ini, saya senang-senang saja dengan pekerjaan saya; Editor Bahasa. Karena memang dasarnya, saya senang pada kata-kata, rangkaiannya, dan makna-maknanya yang banyak. Bermain dengan kata seperti masuk ke dalam dunia yang hanya kita sendiri yang tahu, karena mereka terbentuk sesuai dengan apa yang kita mau; soal arti, soal bentuk, dan sebangsanya.

Saya terbiasa pula mengakrabi kata-kata; dalam keseharian, dan dalam rutinitas. Itu tak membuat saya jenuh padanya. Tak juga membuat saya jadi kehabisan dirinya (kata-kata, red). Malah membuat saya jadi bersemangat untuk lebih mengenalnya.

Tapi, ada yang tidak beres belakangan ini. Pekerjaan ini tidak lagi bisa membahagiakan saya. “Ia” tidak lagi mampu membuat saya bersemangat ketika mengejanya. Ada yang salah. Saya tidak tahu di sebelah mana. Yang saya tahu pasti, ini bukan salah kata-kata. “Ia” masih tetap ‘mempesona’, walaupun tidak semempesona sebelumnya. Ini salah siapa? Kata-kata bukan jawabannya.

Lama saya pikir, mencari jawaban atas pertanyaan saya itu. Dan, ternyata, yang kejam adalah diri saya sendiri. Bukan saya tidak lagi mencintai mereka. Tapi, sepertinya, saya sudah tidak lagi menginginkan kata-kata dalam bentuk mereka sekarang. Saya ingin mereka dalam bentuk yang baru.

Karena saya ingin merangkai mereka, dan bukan hanya sekadar meralatnya. Itu masalah saya.

Foto: ini.

2 Comments Add yours

  1. Zizima says:

    kata-kata yang terangkai maknanya bisa lebih tebal dari sebuah buku…

  2. anne says:

    Ayo, move move!🙂

Leave a Reply

