Lipetgandes?

Ondel-ondel, tanjidor, topeng Betawi, gambang kromong, rebana, dan samrah paling-paling sudah familiar di telinga orang banyak. Tapi, begitu mendengar Tari Lipetgandes, saya mengernyitkan dahi.

Apa itu, benak saya. Lebih merasa ‘dilangkahi’ lagi karena ternyata itu adalah tari kepunyaan suku Betawi, yang notabene adalah asal kelahiran saya. Saya jadi penasaran ingin tahu tari semacam apa ini.

Sudah tahu gamelan topeng? Gamelan topeng yang asalnya juga dari Betawi? Tidak tahu juga? Ya sudah, ini sedikit prolognya. Gamelan topeng atau suka disebut juga dengan Topeng Betawi adalah sebuah kesenian musik Betawi yang agak sedikit terpengaruh budaya Sunda. Bentuknya adalah pergelaran teater. Nah, di antara banyak tarian yang mengiringi teater ini, ada sebuah tarian bernama Tari Lipetgandes. Ini adalah jenis tari yang dikombinasikan dengan nyanyian, lelucon, dan sindiran-sindiran menyentil tapi tetap lucu. Semacam bodoran yang dilakukan oleh seorang bodor dengan ronggeng topeng. Tari-tari lain yang masih merupakan pengiring Topeng Betawi adalah Tari Topeng Kedok, Enjot-enjotan, dan Gegot. Tiga tari yang terakhir itu sama tidak familiarnya dengan Tari Lipetgandes. But at least, sekarang saya sedikit punya gambaran soal tari-tarian itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s