Detik.com Mempersembahkan Aku Cinta Indonesia

Segala berawal ketika hari itu saya mampir di situs yang memang sering saya singgahi untuk lihat-lihat update berita apa pun, mulai dari yang remeh, sampai yang berbobot agak lumayan; detik.com. Di salah satu kolom, kerlip-kerlip memikat sebuah undangan berkeliling Indonesia gratis yang digelar si empunya situs. Nama programnya Aku Cinta Indonesia (selanjutnya diperpendek saja jadi ACI). Iseng-iseng dengan sangat ‘acak’, saya langsung klik undangan itu. Dan, halaman berubah ke halaman registrasi; mengisi form standar–nama, alamat, dll–serta pengalaman-pengalaman wisata dan tujuan wisata yang menarik minat si pengisi form.

Saya selalu menyebut-nyebut daerah Papua sejak awal registrasi. Saya sudah sangat jatuh cinta sampai deg-degan tak karuan setiap kali nama Papua saya dengar. Sudah berapa lama? Sejak saya nonton film garapan Alenia Production, Denias: Senandung di Atas Awan. Lihat saja daerah Wamena yang sangat cantik dengan ilalang merahnya. Jayawijaya yang selain unik (satu-satunya keberadaan salju di Indonesia), tapi juga menarik hati. Penduduk asli yang sungguh masih otentik berkoteka. Atau, Raja Ampat. Ah, kalau wisata bawah laut ini sudah tidak perlu lagi dibahas keindahannya lah. Sampai kini, saya selalu mimpi ingin ke daerah timur Indonesia itu.

Sambil mengisi form, saya juga sembari bermimpi. Setelah selesai registrasi pun, lamunan saya masih berlanjut. Alangkah sedapnya bisa terpilih jadi pemenang dan bisa jalan-jalan gratis ke daerah-daerah Indonesia. Lamunan itu berubah jadi harapan setelah beberapa hari kemudian, ada e-mail masuk dari pihak detik.com. Isinya singkat, tapi menyenangkan. Katanya, saya masuk menjadi 500 besar finalis ACI dari sekitar 50 ribu-an peserta yang ikutan registrasi. Girang saya.

21 Agustus 2010. Ini langkah selanjutnya menuju tahapan yang lebih bikin girang lagi: menjadi 66 finalis ACI dan berangkat traveling gratis dengan didukung detik.com. Hari ini, apa yang saya lakukan? Melalui telepon, pihak detik.com bilang, hari ini adalah sesi interview. Tapi, nyatanya semua tidak sesederhana itu. Interview terbagi jadi beberapa bagian besar; perkenalan, sesi foto-foto dan memvideokan diri, lalu baru interview dengan tiga orang ‘juri’. Di sinilah saya kenal Dimas Novriandi dan (kebetulan) interview bareng Nevy Elysa, seorang teman. Bagian paling bikin mulut saya kering, ya jelas saja foto-video. Selama ini saya percaya, saya anaknya sangat texting, cenderung lebih “paham” menulis daripada berbicara. Tapi, biar kata pucat, saya lumayan sukses memperkenalkan diri dan unjuk bakat menyanyi di depan kamera *usap peluh*

Berjalan keluar dari kantor detik.com, pikiran saya sudah tanpa beban. Nothing to lose; dapet alhamdulillah, nggak dapet harus dapet. Ha-ha. Bukan, maksudnya ini sudah prestasi sendiri bisa lolos 500 besar. Saya sendiri tidak bisa menilai, sebesar apa kans saya untuk bisa menjadi 66 orang yang lolos dan bukan 434 orang yang tidak lolos. Maka itu, pasrah saja–dengan masih dibayang-bayangi Papua.

Hingga di awal September, saya dapat e-mail dan telepon lagi dari pihak detik.com. Saya lolos! Saya jadi 66 finalis. Kalau istilah mereka, saya berhak jadi 66 petualang *sujud syukur* Saya girang bukan main. Alhamdulillah! Lucky me. Dan, di sinilah kesenangan di sela-sela deadline dimulai. Saya harus mengurus segala perlengkapan, mulai persiapan hari H sampai tes kesehatan. Meski sibuk, saya senang. Ketika pun akhirnya anggota tim diputuskan (saya setim dengan Bella Moulina dari Jambi) dan tujuan wisata ditentukan, saya sama sekali tidak kecewa karena saya mendapat Banten, bukannya Papua. Gila, Banten juga keren! Terima kasih, detik.com!

Mari Bella, kita jelajahi Pulau Umang, Rakata, Pulau Peucang, Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Baduy, Banten Lama, Rangkasbitung, dan yang lainnya. Ahuuuuyyyy! *gendol daypack*

4 Comments Add yours

  1. dancingsoul says:

    atreeee😀
    ahay we’re the lucky sixty six!😉
    get set, ready, & goo!!

  2. leonardo says:

    Atre keren!

  3. atre says:

    Neng Uciiii,
    Iyaaaa, kita beruntuuung.
    Mari jalan-jalaaaaannnn😀

  4. atre says:

    Leooo, makasih yaaa.
    Ahaha…aku tersipu-sipu *blushing*
    #berlebihanSiAtre

Leave a Reply

