All the Worries in the World

*recommended backsound: Twenty Two Fourteen – The Album Leaf

Setiap orang punya kekhawatirannya masing-masing. Sebahagia apa pun manusia, sesejahtera apa pun kehidupannya. Khawatir itu bagai angin yang tidak tampak, tapi selalu terasa, bahkan kadang membadai. Ia ada, muncul di setiap kala, untuk setiap hal.

Seorang ibu selalu khawatir akan jadi apa anak-anaknya nanti, apakah ia sudah cukup mendidik mereka dengan baik, dan akan jadi apa mereka nanti ketika ia sudah tiada?

Seorang ayah khawatir tidak bisa memberi penghidupan yang layak untuk keluarga kecilnya, apa ia sudah benar-benar melindungi mereka, dan cukupkah kasih sayangnya?

Setiap anak, kekhawatiran yang ada, apakah ia cukup bisa membuat orangtua bangga? Atau, apakah ada cara untuk bisa membahagiakan ibu-bapak, memberi senyum di wajah mereka? Jikapun ayah sudah tidak ada, apakah masih bisa bertemu lagi dengan hari penuh bahagia, sebelum nanti mati?

Seorang kekasih yang di setiap mimpinya khawatir berpisah dengan orang yang paling dicintai, bertanya-tanya apakah ia sudah cukup menyayangi dengan baik, tanpa memaksa? Hingga pun perpisahan datang, apakah ia akan bisa menanggapi itu dengan baik-baik saja dan mampu menambal lubang yang ada dengan jahitan paling tidak kentara?

Melihat ke jalanan Jakarta malam-malam, pernahkah merasakan kekhawatiran anak jalanan, akankah hari ini selamat dari penertiban dan penjara, serta cukupkah uang setoran sampai di kantung celana hingga ia bebas dari pukulan induk mereka.

Pada diri pesakitan, apakah penyakit dan luka yang ada bisa betul sembuh, hilang tidak ada bekasnya? Atau, masih adakah napas hari esok?

Terlalu banyak kekhawatiran di dunia. Kita bahkan bisa membauinya di udara. Ia bahkan beranak-pinak, mendenyarkan hati sampai-sampai tidak ada waktu senggang untuk tenang.

Saya cuma punya satu kekhawatiran paling besar. Bahwa saya kehilangan diri saya sendiri, sehingga melupakan mimpi-mimpi yang saya punya. Kini, saya hampir menjadi orang itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s