KeluaRumah: Community, Sharing, Travel

on
KeluaRumah di Desa Melo, Labuan Bajo - foto oleh Ipung Mbuh

Intinya sederhana, komunitas yang baru lahir ini ingin mengajak khususnya orang Indonesia untuk lebih mencintai negeri sendiri, melalui alam dan dengan beperjalanan berbagi keindahannya.

KeluaRumah merupakan sebuah wadah kumpulnya para pencinta traveling di seluruh Indonesia. Penggagasnya adalah orang-orang yang sebelumnya terpilih dalam program Aku Cinta Indonesia (ACI) Detik.com 2010. Mereka pikir, sayang jika proses eksplorasi Indonesia harus selesai ketika program ACI 2010 selesai. Belum puas, dan mungkin tidak akan ada puasnya.

Para petualang ACI 2010 yang punya semangat tinggi ini lalu membangun KeluaRumah. Komunitas ini resmi lahir pada 6 September 2011. Kenapa bernama KeluaRumah? Para pejalan ini punya keyakinan, mulailah #KeluaRumah untuk lebih mengenal lalu mencintai Indonesia.

Di usianya yang menginjak 3 bulan, KeluaRumah lalu bergerilya menjangkiti virus cinta Indonesia kepada masyarakat seluas-luasnya melalui berbagai acara. Social Media Festival pada 22-24 September 2011 di fX Lifestyle X’nter jadi event pertama keikutsertaan mereka. Untuk kemudian, KeluaRumah berturut-turut berpartisipasi dalam Familiarization Trip Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 25-30 Oktober 2011, ON|OFF 2011 (dulunya bernama Pesta Blogger) di Epicentrum Kuningan pada 3 Desember 2011, dan Konferensi Pariwisata Nasional di Hotel Sahid pada 5-6 Desember 2011. KeluaRumah pun turut ambil bagian dalam PicFest 2011 yang digagas salingsilang.com dan KuFoto.com, bertempat di fX Lifestyle X’nter pada 9-10 Desember 2011, dengan menggelar talkshow #MelihatNusantara diisi pembicara Pandji Pragiwaksono dan Barry Kusuma, juga workshop #TravelFoto oleh Barry Kusuma.

Berkat beberapa acara tersebut juga jejaring sosial, kini, KeluaRumah sudah memiliki teman sesama para pejalan dari Sabang sampai Merauke yang punya semangat tinggi; semangat mengeksplorasi Indonesia dan semangat berbagi. Tidak lagi hanya terbatas pada petualang ACI, Anda pun bisa bergabung dengan KeluaRumah. Syarat utamanya mudah, kata mereka: Anda mencintai traveling, mencintai Indonesia, dan bangga akan itu. Ayo ikut KeluaRumah dan mengenal Indonesia.

KeluaRumah di Social Media Festival - foto oleh Gilang Tamma

Catatan:
E-mail: keluarumah@gmail.com
Twitter: @KeluaRumah
Fanpage Facebook: Keluarumah

*Tulisan ini juga publish di areamagz.com (telah mengalami beberapa perubahan)

2 Comments Add yours

  1. ipungmbuh says:

    Wihii.. Ada fotoku! #narsis

    1. Atre says:

      iyakiyakiyak… *ngangguk-ngangguk*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s