LittleCareWorks: Untuk Anak-Anak Komodo

“Untuk menggambar lingkaran, anak-anak itu menghubungkan dua pensil dengan tali, karena tidak tersedia jangka. Untuk membentuk lingkaran yang lebih kecil, mereka menggunakan tutup termos dan tutup panci.”

Tempo hari, Diana Suciawati, penggagas LittleCareWorks, berangkat ke Labuan Bajo, Flores. Misinya memang untuk urusan pribadi, tapi ia lalu mendapati pemandangan sendu di sana. Tertangkap oleh matanya, anak-anak usia sekolah dasar sedang mengerjakan PR di sebuah rumah. Tugas mereka membuat jajaran tata surya; bumi di tengah-tengah, dengan 8 fase bulan mengelilingi bumi dan matahari di sebelah kanan bumi. Tidak ada yang aneh-aneh awalnya, hingga Diana melihat cara mereka belajar dengan alat-alat yang ala kadarnya.

“Untuk menggambar lingkaran dengan jari-jari–karena tidak tersedia jangka–anak-anak itu menghubungkan dua pensil dengan tali. Bukan itu saja. Untuk menggambar lingkaran yang lebih kecil, kita biasanya menggunakan penggaris dengan lingkaran berbagai ukuran, tapi mereka tidak pendek akal: mereka menggunakan tutup termos dan tutup panci,” kata Diana.

Kita mungkin sebaiknya tidak membandingkan keadaan di sana dengan di kota-kota besar. Anak-anak di Labuan Bajo dan daerah-daerah pelosok lainnya mestilah tidak memiliki imajinasi–bahkan yang paling liar sekalipun–bahwa ada fasilitas dan perlengkapan melimpah ruah di luaran sana.

“SD dan SMP di Pulau Komodo berada di bawah 1 atap. Tidak ada SMA di pulau ini sehingga anak-anak harus ke Labuan Bajo untuk melanjutkan SMA-nya. Di Pulau Komodo sendiri, sekolahnya dalam keadaaan sangat kekurangan buku pelajaran, buku bacaan, buku cerita anak, dan alat-alat tulis,” masih perkataan Diana melalui kisahan dari Ibu Ning, seorang guru di Labuan Bajo.

Perlu Anda tahu, Pulau Komodo ke Labuan Bajo hanya bisa dicapai melalui jalan air; jarak tempuh 3 jam jika menggunakan kapal biasa, atau 45 menit menggunakan speed boat. Dari pelabuhan, sekolah masih cukup jauh.

Sudah tidak perlu lagi ditanyakan, apakah mereka membutuhkan fasilitas atau perlengkapan belajar yang lebih mumpuni. Jawabannya sudah pasti iya. Ini yang pada akhirnya menggerakkan LittleCareWorks untuk membantu.

LittleCareWorks adalah sebuah kelompok yang concern terhadap masalah pendidikan, kesehatan, hak asasi, konservasi alam, kemiskinan, bencana, dan kekerasan. Mereka berupaya membantu dengan cara menjadi mediator untuk pengumpulan donasi dan dana. Dan, komunitas ini terbuka untuk siapa saja, termasuk Anda.

Khusus proyek di bulan Juni 2012 untuk anak-anak Pulau Komodo dan sekitarnya, Anda juga bisa turut berpartisipasi. Entah menjadi sukarelawan atau donatur. Sumbangan bisa berupa apa pun; uang atau barang (alat tulis, buku-buku pelajaran, dsb). Periode pengumpulan sumbangan barang (diterima di Bali) dan uang yaitu pada 1-16 Juni 2012. Sementara, untuk pembagian sumbangannya sendiri dilakukan pada 24-30 Juni 2012.

Anak-anak ini, menurut Diana berdasarkan riset, membutuhkan alat-alat tulis baru, buku pelajaran bekas/baru, dan buku bacaan anak bekas/baru. Jika Anda ingin menyumbang barang-barang ini, silakan kirimkan ke Eko Oktavianus dengan alamat Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai No. 314, Banjar Shindu Kelod, Sanur, Denpasar, Bali – 80228.

Atau, jika Anda ingin mendonasikan uang (yang akan dibelanjakan alat tulis oleh pihak LittleCareWorks di Bali, agar lebih praktis), Anda bisa mentransfer ke rekening BCA A/c. 848-00-188-94, A/n. Eko Octavianus Chalim, cabang Pasir Kaliki Atas, Bandung.

We have to believe, every Little Care Works…🙂

Info atau Konfirmasi Donasi:
Twitter: @littlecareworks
E-mail: littlecareworks[at]gmail.com
Web: littlecareworks.wordpress.com
SMS: 0811232914 atau 0878 23071852 dg detail:
* nama & email
* nominal
* ingin dicantumkan full name/inisial/no name di report yg akan dipublish di blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s