Flash Trip ke Pulau Putri Barat, Kepulauan Seribu

Kita mungkin tidak punya waktu banyak untuk berleyeh-leyeh di akhir pekan. Tapi, bukankah selalu ada jalan menuju Roma? Bukankah selalu ada cara untuk bisa bahagia di jeda waktu yang tidak berlimpah?

Bagi saya yang masih belum punya jatah cuti hingga setengah tahun ke depan (jika memang kontrak kerja berjalan lancar), vakansi seminggu penuh mungkin jadi satu hal yang muluk. Waktu yang saya punya untuk membahagiakan diri sendiri hanya akhir pekan; yang lazimnya semua orang tahu, cuma dua hari. Pada akhirnya, kalau tidak mau repot, yang bisa dilakukan oleh mayoritas orang kota (mari kita spesifik ke Jakarta) adalah wisata dalam kota, semacam mal, gedung pertunjukan, wisata museum, dan lain-lain. Tapi, rasanya hal ini bukan aktivitas orgasmic jika Anda orang yang senang bersetubuh dengan alam.

Bisa jadi ini keberuntungan untuk orang Jakarta. Kita punya Kepulauan Seribu yang secara geografis masih berada di Provinsi DKI Jakarta. Bosan, Anda bilang? Walah, jangan dulu menyimpulkan terlalu dini. Kepulauan Seribu bukan cuma sekadar Pulau Tidung dengan Jembatan Cinta-nya. Bukan juga hanya sekadar Pulau Pramuka yang kini sudah ramai, atau Pulau Untung Jawa yang terkenal sebagai kampung nelayan. Seperti layaknya namanya yang “seribu”, Kepulauan Seribu memiliki banyak sekali pilihan pulau yang masih sangat menyenangkan, tidak “rata-rata”, dan… cantik.

Silakan arahkan kapal ke Pulau Putri Barat (bisa disingkat Pulau Barat saja). Letak pulau ini berhadap-hadapan dengan Pulau Putri yang sudah resmi jadi pulau wisata (lihat beragam resort atau ‘warung’ yang ada di sana; apik).

Agak berbeda dari Putri, Pulau Barat masih sepi. Bahkan, tenangnya masih mengalahkan Pulau Bira (di Kepulauan Seribu, bukan Sulawesi) yang mulai ramai. Jika Anda googling sekarang di internet soal Barat, sedikit sekali berita yang menyinggung soal Barat.

Untuk bisa sampai ke Pulau Barat, Anda bisa lebih dulu mengontak local guide sebagai pengatur perjalanan; tempat menginap, jadwal kapal, dan lain-lain. Tempo hari, saya terkoneksi dengan Pak Man. Ia khusus mengelola trip Anda di Bira dan Barat.

Sebagai gambaran, ini rute perjalanan saya dari Jakarta ke Pulau Barat. Dari Muara Angke, kita bisa menumpang kapal dengan tiket seharga RP35.000, lalu turun di Pulau Harapan di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Perjalanan menempuh waktu sekitar satu jam. Dari Pulau Harapan, kapal motor sederhana yang dikoordinasi oleh Pak Man bisa menjemput kita. Baru setelah dari Harapan, kita langsung beranjak ke Barat. Kali ini perjalanan sekitaran 45 menit.

Pulau Barat bukan pulau yang memiliki banyak sarana-prasarana. Penginapan di pulau tersebut hanya ada satu. Listrik selalu ada sepanjang hari, tapi warung tidak ada. Meski demikian, jika Anda menginginkan ketenangan, Barat sangat cocok untuk dijadikan sasaran. Yang jelas, saya tidak menyesal memilih Barat ketimbang Bira. Dan, menghabiskan dua hari satu malam di sana… dalam damai.

Pulau ini berpasir putih di tepian pantainya. Air lautnya berwarna turquoise. Ombaknya cenderung tenang. Ketika kapal baru merapat, kita akan disambut dermaga kayu yang cantik. Tapi, hati-hati, di beberapa spot di tepi pantai, banyak bulu babi berdiam diri.

Jika tidak mau hanya berdiam di Barat, Pak Man bisa-bisa saja menyediakan paket trip singkat. Anda bisa island hopping dan snorkeling, atau sekadar leyeh-leyeh di pulau-pulau sekitar, seperti Bira, Bidadari, Sepa, dan lain-lain. Anda bisa memilih sendiri untuk destinasi island hopping tersebut.

Jika ingin sepanjang hari stay di Barat juga silakan saja. Bagian favorit saya adalah berbaring tenang di tepi pantai, di atas kursi leyeh yang memang tersedia, ngobrol bareng teman dekat, dari mulai langit menjingga sampai gelap. Healing. Atau, kalau Anda mau, Anda bisa minta BBQ-an di pinggir pantai. Pak Man boleh jadi mengabulkan. Ini, nomor Pak Man yang bisa Anda hubungi: 0815 8369 826.

Selamat ngetrip singkat! Selamat menikmati ini…

12 Comments Add yours

  1. yohana says:

    Mba, bisa di inbox paketnya berapa ya kalo Pulau Barat ini.
    Trims ya.

    Regards.

    1. Atre says:

      sejatinya, kalau ke Pulau Seribu itu kan semakin banyak anggota rombongan, semakin murah. waktu itu aku berenam jadi 400 ribu; 2 hari semalam, termasuk makan 4x, snorkeling, island hopping, penginapan, dan sewa kapal untuk hopping.

  2. Miss Cynic says:

    Hi, punya foto penginapannya kah?

  3. Mbak, aku mau liat bungalow tempat menginapnya dong.
    rencana mo kesana juga soalnya. thanks🙂

    1. Atre says:

      aku alpa memotret penginapannya. tapi bentuknya nggak istimewa. cuma bangunan berkamar-kamar, satu kamar bisa diisi sampai 5 orang. kamar mandi di luar.

    2. permana says:

      17-18 november I’m going to there… Boleh minta foto sekitar sana? N total biaya per orang ber-6 brapa ya? Permanagroup@ymail.com hehehe

  4. yohana says:

    Saya kmrn tgl 25-26 Agustus kesana, pulaunya bagus, tempat penginapannya biasa aja. Boleh saya minta alamat e-mail nya? Saya blm sempet bongkar kamera krn senin mulai ngantor. Weekend besok saya kirimin gambarnya.

    1. Asikkk~

      kirim ke hallo.olivia@gmail.com ya mbak
      Aku rencana kesana bulan depan. lagi ngumpulin pasukan😀

  5. dara says:

    halo boleh minta tolong kalo pengen sewa bungalownya kemana ya kontaknya?
    sama kalo boleh bisa liat foto2nya gak ya? aku tolong dikirimin ke daratrialia@gmail.com ya
    makasih banyak looh infonya :”)

  6. imam ramadhan says:

    mba boleh ga minta no. nya pak man yang aktif..mau kesana nih hehehe ala2 backpacker

    1. Atre says:

      Hai, Imam. Kebetulan udah lama banget nggak berhubungan sama Pak Man. Nomor kontaknya semoga masih yang ini, ya: 08158369826.

      1. imam ramadhan says:

        hai tre..thanks banget ya..iya moga no.itu bisa dihubungi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s