Tribute Night for RA Kartini: Song #1

Ini adalah surat Kartini kepada Tuan Mr. JH Abendanon tertanggal 25 Januari 1902 yang terdapat dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. JH Abendanon adalah Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda periode 1900-1905. Ia juga yang akhirnya mengumpulkan surat-surat Kartini yang tercecer di tangan teman-temannya di Eropa sehingga menjadi buku Habis Gelap Terbitlah Terang tadi, yang terbit pada 1911.

Musikalisasi surat Kartini ini diaransemen oleh Hendy Yusuf (@odypus), dan dibuat untuk ditampilkan pada acara pembukaan Ubud Writers and Readers Festival 2013 – “Tribute Night to RA Kartini” di Lotus Cafe, Ubud, Bali, pada 11 Oktober 2013. Yang saya unggah di Soundcloud ini adalah versi latihan.

Lama saya duduk termenung memandang kertas putih ini,
tidak tahu apa yang harus saya tulis.
Demikian banyak pikiran yang melayang dalam diri saya,
banyak perasaan yang bergetar dalam jiwa saya.

Rasanya masa kanak-kanak yang riang gembira sudah lama berlalu.
Banyak lagi kejadian yang penting pada hari-hari dan minggu-minggu terakhir ini.

Di samping bahagia suka ria,
ada pula kami rasai saat-saat duka nestapa,
putus asa,
dan patah hati.
Seakan-akan rasanya kami menjalani beberapa kehidupan dalam masa yang sependek itu.

Di samping bahagia suka ria,
ada pula kami rasai saat-saat duka nestapa,
putus asa,
dan patah hati.
Ada perasaan sayu, ada rasa syukur, perasaan apa saja yang tak ada dalam hati saya.
Tetapi rasa sayu itulah yavng terlebih dari yang lain-lain.

Leave a Reply

