[Fiksi] Ma

Siapa yang tahu kalau ibumu berbunga-bunga hatinya melihatmu pulang, dan tidur di kamarmu sendiri? Jadi, ia tidak perlu lagi melihat kamarmu kosong seringkali, dan mendapati hatinya juga kosong. Meski ia tidak bilang, meski ia diam-diam.

Siapa yang tahu setiap kali kamu tidur, ibumu memandangi wajahmu yang pulas? Lalu, ketika suatu kali kamu sebetulnya belum terlelap, kamu tetap pura-pura sudah tidur, hanya untuk mengenang lagi selayaknya kamu masih anak-anak dan ibu selalu ada di sampingmu ketika kamu tidur. Ibumu ternyata masih melakukan itu bahkan ketika kamu sudah dewasa. Meski ia tidak bilang, meski ia diam-diam.

Siapa yang bisa tahu setiap kali ibumu melantunkan doa-doa untuk keselamatanmu di setiap salatnya? Maka, setiap kali kamu selamat dari marabahaya, itu kuasa Allah, kuasa Allah, dan doa dari ibumu. Percayalah, sampai kini kamu pasti bisa mendengar doa-doa ibumu dalam mimpi atau ketika dini hari saat malam sudah terlalu malam dan pagi masih terlalu pagi. Dan, ia melakukan itu diam-diam.

Saya selalu menyebut ibu, ibu, dan ibu, karena bapak sudah tidak pernah saya rasakan lagi keberadaannya. Tapi, tidak masalah, karena saya punya ibu yang membuat hidup masih lebih dari cukup.

 

***

 IMG_2862

3 Comments Add yours

  1. Ini tidak benar-benar berhubungan, tapi saya jadi teringat dulu almarhum ayah saya pernah berkata, jika kau melihat seseorang yg tertidur maka kau akan punya semacam perasaan haru akannya. Ia sering berkata begitu jika saya bertengkar dengan kakak saya. Nah malam harinya, saya disuruhnya melihat wajah kakak saya yg tertidur, biasanya marah saya jadi hilang.
    Dua minggu lagi saya akan pulang ke kampung halaman mengunjungi ibu saya, tulisan ini mungkin akan membuat saya memeluknya dengan lebih erat saat tiba di rumah nanti.

    1. Atre says:

      Halo, The Dusty Sneakers. Sama-sama saling follow yaaa. Tulisanmu juga menyenangkan dan menenangkan. Kalian berdua base-nya di mana?

      1. Haloo! iya sudah di follow. Kami berdua base di Jakarta. Kamu di Jakarta juga?

Leave a Reply

