Menikmati Senja di Sugarloaf Rock, Western Australia

Bila betul-betul harus menakar apakah saya lebih suka pada matahari terbit atau senja, saya pasti bakal terdiam sejenak. Sebab, pada dasarnya, sunrise dan sunset itu seperti yin dan yang, menggambarkan cahaya dan gelap, batas pagi dan malam–walaupun kadang-kadang warna jingganya nyaris serupa.

Perkara mana lebih indah antara sunrise dan sunset, itu juga bukan pertanyaan sederhana dengan jawaban yang mudah. Sunrise bisa sangat menarik dengan kabut-kabut yang melengkapinya. Sementara, sunset bisa sangat memesona dengan awan gemuk-gemuk yang berpasangan dengannya. Sunrise mampu menyegarkan, saat sunset menenangkan. Sunrise adalah lagu, sedangkan sunset adalah puisi.

Itulah. Penakaran yang tidak pernah selesai. Tapi, pada akhirnya toh saya lebih banyak menghabiskan waktu-waktu untuk bercerita pada senja, tidak pada matahari terbit. Hanya karena seringnya pagi terlalu cepat datang dan matahari seperti terlalu terburu-buru untuk meninggi. Saya sering ketinggalan. Bukan ketinggalan kereta, tapi ketinggalan cahaya matahari pertama. Sunrise adalah penggegas. Sementara, sunset jauh lebih tenang, kalem.

Saya sudah banyak berhadapan dengan senja-senja apik di banyak tempat. Banyak yang terlampau bagusnya sampai-sampai menahan napas di dada hingga sesak. Sisanya, ada yang malu-malu, ada pula yang melengos tanpa ba-bi-bu.

Maka, ketika setelah berkendara 3,5 jam dari Perth ke Margareth River Region dan mendapati diri memandang senja bulat di Sugarloaf Rock, saya tidak banyak bicara.

Sugarloaf Rock ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari Pullman Resort Bunker Bay Margaret River, tempat saya dan kawan-kawan menginap. Ialah keputusan yang sangat tepat untuk beranjak ke sini, tatkala ranjang-yang-kelihatan-sangat-nyaman di Pullman minta ditiduri.

Chris Amson dari Tourism Western Australia sebetulnya sempat agak ragu bertanya pada saya dan kawan-kawan #ExtraordinaryTrip. Semacam ini pertanyaannya, “Masih minat ke Sugarloaf Rock?”, saat kami baru sampai di Pullman. Keraguan Chris sedikit-banyak terbukti. Setidaknya dari 12 orang, hanya 10 orang yang berangkat ke Sugarloaf Rock. Tapi, dua orang itu mestilah merugi setelah tahu bahwa senjanya seindah ini!

Sugarloaf Rock-atre

Kami tiba di Sugarloaf Rock sekitar pukul 17.30. Agak telat, memang. Wujud Sugarloaf Rock adalah bukit-bukit bebatuan granit yang berada di wilayah Cape Naturaliste. Letaknya berada di tepi laut, dan dekat dengan jalan raya. Jadi, cukup lompat dari mobil, kita bakal langsung dihadapkan oleh jalan setapak ke arah platform. Platform ini semacam area khusus untuk duduk-duduk menikmati senja. Bisa juga buat selfie/welfie atau memadu kasih. Sedap betul!

Kalaupun tidak ingin terlalu mainstream hanya duduk-duduk di platform, ada jalan setapak lain yang mengarahkan kita ke bukit-bukit batu itu. Hasil akhirnya, kita akan bisa menikmati senja di atas bebatuan. Tapi, berhati-hatilah pada pijakan kakimu jika memang mencoba ini.

Sugarloaf Rock-Giri Prasetyo

Begitu melihat ke arah utara, akan kelihatan ujung akhir Cape Naturaliste sekitar 2 km jauhnya.

Cape Naturaliste-atre

Sugarloaf Rock, selain menjadi atraksi nomor 1 di Cape Naturaliste versi TripAdvisor, juga menjadi tempat yang digemari oleh para pemancing, surfer, dan pengamat lumba-lumba serta humpback whale kalau kita memang sedang sangat beruntung. Di luar itu, tempat ini juga menjadi titik mula cape to cape track di Cape Naturaliste, yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Leeuwin-Naturaliste.

Saya duduk saja di atas batu memandang senja yang semula bulat, lalu tinggal setengah, lalu tersisa hanya semburatnya. Sekitar pukul 18.30, si senja hampir hilang di batas laut. Saya harus mengakui, bahwa ini adalah salah satu senja terindah dan terkhusyuk yang pernah saya nikmati. Dan, senja hari itu betul-betul menjelma puisi.

Sugarloaf Rock-Kenny Santana

 

P.S: Terima kasih Djantjuk dan Kenny Santana untuk foto 2 dan 4🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s