7 Reasons Why I Love Club Med Bintan

Sunset - Club Med Bintan Island

Saya tidak pernah mendengar tentang Club Méditerranée (Club Med), sebelum Djantjuk berangkat ke Maldives dan menenggelamkan diri dalam kenyamanan Club Med Finolhu. Hal pertama yang saya cari langsung di internet bukan soal Maldives (kalau soal Maldives-nya mah jangan ditanya lagi betapa bikin ngilernya pulau dan resort di sana). Tapi, saya malah googling soal Club Med. Khusus untuk Finolhu yang Djantjuk datangi, resort itu memang baru saja buka tahun 2015 ini.

Sementara, hal yang mencengangkan justru adalah fakta bahwa Club Med sendiri sudah memiliki 80 cabang resort di seluruh dunia, mulai dari negara-negara Amerika, Eropa, hingga Asia, termasuk di Indonesia. Bahkan, di Indonesia sendiri, sudah ada dua Club Med Resort yang berdiri, yaitu di Bali dan Bintan.

Pada akhir April tahun ini, saya merasakan sendiri pengalaman menikmati Club Med Resort, perusahaan Prancis, yang justru mulai berkembang pertama kali di Spanyol pada 1950. Bersama Giri Prasetyo (my favorit videographer of all time!), Bruno Courbet (Director Club Med for Indonesia, India, Thailand & South-East Asia Emergent Countries), dan Dayu Hatmanti (Miss Scuba International 2011), kami menikmati betul-betul waktu menginap di Club Med Resort Bintan Island. Siapa sangka, pengalaman pertama di Club Med ini membuat saya langsung jatuh cinta. Kenapa? Berikut 7 alasan di antaranya.

1. Reachable from Jakarta
Beruntunglah kita hidup di zaman ketika opsi untuk transportasi begitu beragam. Untuk mencapai Club Med Bintan
dari Jakarta, kita hanya perlu numpak pesawat dengan rute Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam. Hanya ada beberapa maskapai yang menyediakan rute ke Tanjung Pinang ini. Tempo hari, saya naik Lion Air, kebetulan tanpa delay, direct flight, dan dengan harga mulai Rp700 ribuan (tergantung season).

Dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah, kita bisa menyewa mobil (atau bisa juga minta fasilitas antar-jemput dari resort) untuk sampai ke resort yang terletak di Jalan site A11, Lagoi Bintan Utara, Tanjun Uban Island, Kepulauan Riau. Jarak tempuhnya sekitar satu jam; tanpa macet sama sekali. Sepanjang perjalanan menuju Lagoi, saya sempat melihat kawasan ini begitu gersang dengan banyak galian di kanan-kiri. Memang, Pulau Bintan ini terkenal akan kekayaan alam seperti bauksit yang bisa dikembangkan menjadi antara lain granit, andesit, dan pasir kuarsa. Maka, jangan heran meskipun jalan aspal yang kita lewati begitu mulus, tetapi pemandangan sekitarnya tidak begitu indah.

Baru ketika tiba di kawasan Lagoi, melewati portal keamanan, kita baru akan melihat panorama hutan yang rindang dan beragam bangunan resort yang mewah. Ya, Lagoi ini memang kawasan yang dikhususkan untuk para turis atau wisatawan yang ingin menghabiskan waktu bersantai di resort. Jadi, selain privat, kawasan ini juga hanya berisi resort-resort yang beraneka ragam keistimewaan.

2. Friendly GO

Friendly GO - Club Med Bintan Island
Ini konsep yang sebetulnya memang hanya milik Club Med. Khas banget. Jadi tidak hanya staf-staf yang biasa kita temukan, seperti pelayan, lobby boy, atau resepsionis, di Club Med, ada posisi bernama Gentil Organisateur atau disingkat saja dengan GO. Para GO yang berasal dari beragam negara, mulai dari tentu saja Indonesia, Thailand, Taiwan, sampai Ekuador, menjadi duta (ambassador) dari Club Med. Mereka dengan kebaikan, keramahtamahan, dan kejenakaan, menyambut para tamu dengan tujuan membuat kita betah dan nyaman selama menginap
di Club Med.

Setelah tahu apa saja pekerjaan yang mesti dilakukan seorang GO, saya pribadi sih takjub. GO-lah orang yang menyambut kita sejak di halaman depan resort dengan tarian melambai-lambai (dadah-dadah) dan nyanyian ala Club Med. GO-lah yang bakal menemani kita mencoba beragam aktivitas yang tersedia di Club Med. GO juga yang bakal menghibur kita setiap malam di pertunjukan harian ala Club Med. They are friendly. They are
rawks!

3. All Inclusive, Yeah!

All inclusive - Club Med Bintan Island
Menginap di Club Med Bintan (mungkin juga di seluruh Club Med di dunia) harus minimal dua malam. Tidak boleh kurang, sangat boleh lebih. Asyiknya di Club Med, harga mulai dari sekitar US$800-an itu sudah termasuk paket untuk beragam fasilitas. Istilahnya, all inclusive. Jadi, selama kita menginap di Club
Med, selain akomodasi, kita sudah bisa menikmati fasilitas PP feri kelas ekonomi (jika kita berangkat dari Singapura); hidangan buffet saat sarapan, makan siang, dan makan malam
(YUM!); free flow bermacam minuman, mulai dari jus sampai wine; open bar dan snacks; semua aktivitas dengan instruktur berpengalaman; mini club untuk anak-anak; sampai pertunjukan hiburan setiap malam.

Saya yang biasanya tidak bisa makan banyak, justru tidak bisa berhenti makan selama di Club Med Bintan. Menunya banyak dan semuanya lezat. Makanan Eropa ada. Sajian Asia ada. Kalau bosan dengan makanan internasional, tiba-tiba ada sop buntut, nasi goreng, atau gado-gado tersaji di buffet. Rite, menu Indonesia sudah pasti ada. Belum lagi pilihan dessert yang menggiurkan. There’s always room for a dessert, don’t you agree?! Mulai dari buah-buahan, puding karamel, es krim, pai apel, sampai chocolate lava cake. Yum, yum, yum!

4. Beautiful Beach is Your Frontyard

White sand - Club Med Bintan Island
Club Med Resort Bintan Island seluas 22 hektar ini punya pilihan kamar, antara lain kamar yang menghadap laut dan menghadap taman. Saya kala itu menginap di kamar lantai 3 yang menghadap langsung ke laut, yang hanya dipisahkan oleh lapangan rumput hijau yang segar. Dari balkon kamar, saya bisa menikmati pemandangan laut di harapan saya. Sementara, ketika menoleh ke kanan, saya bisa melihat banyak tamu sedang bercengkrama dan bersenang-senang di bagian kolam.

Kalau ingin merasai langsung air laut yang jernih kebiruan, saya hanya butuh waktu 5 menit jalan kaki. Di bagian kiri pantai, ada bebatuan besar-besar yang mengingatkan kita pada pantai-pantai di Belitung. Lalu, ketika memandang pesisir, sepanjang 2 kilometer, kita bisa melihat bentangan pasir putih yang begitu bersih. Di tepi pantai, ada jajaran payung beratap jerami yang teduh dan kursi malas yang sungguh mampu membuat saya rileks dan nyaman.

Khusus untuk Club Med Bintan, target market mereka memang keluarga. Jadi, ketika pagi atau sore hari, banyak anak bersama orangtuanya yang sedang asyik menikmati kebersamaan mereka sembari bermain-main di pantai. Hangat!

5. Wonderful Sunset!

Wonderful sunset - Club Med Bintan Island
Di hari pertama dan kedua tiba di Bintan, langit mendung, gerimis sedikit turun, dan angin begitu kencang. Maka, ketika di hari ketiga langit cerah, kami segera mencari titik terindah menikmati senja di Club Med Bintan ini.

Kebetulan, hari itu kami menelusuri bagian kiri pantai, di sekitar spa. Tidak disangka, ada pantai tersembunyi di dekat spa, yang ketika sore tiba, senja hadir tepat di sini. Sore itu, senja begitu keemasan, menyiram pasir, air laut, dan bebatuan di sekitarnya menjadi tampak berkilau-kilau. Saya dan Dayu asyik piknik di tepi pantai, sementara Djantjuk rupanya seru mengabadikan golden sunset itu.

6. Interesting Activities

Golf - Club Med Bintan Island
Sampai sejauh pengalaman traveling saya, inilah resort dengan aktivitas terbanyak yang bisa dinikmati. Apalagi, aktivitas-aktivitas seru ini memiliki area atau lapangannya sendiri-sendiri, dan bagian terbaiknya, kita bisa didampingi oleh instruktur berpengalaman. Mulai dari sailing, kayaking, windsurfing, golf, squash, yoga, memanah, tenis, renang, cooking class, basket, voli pantai, waterpolo, sampai trapeze.

7. Nightly Entertainment Show

Nightly Performance - Club Med Bintan Island
Ciri khas Club Med memang kaya akan hiburan. Setiap malam selalu ada pertunjukan dengan tema yang berbeda-beda. Di Club Med Bintan Island juga demikian. Selama kami ada di sana, para GO menampilkan pertunjukan dengan tema antara lain sirkus dan komedi tentang olimpiade.

Sepertinya, pengalaman di Club Med Bintan Island akan jadi salah satu pengalaman menginap paling memuaskan sepanjang hidup saya. Dope. Thank you, Bruno, for having us!

Djantjuk - Atre - Dayu - Bruno

Keindahan Club Med Bintan Island juga bisa dinikmati melalui video karya Giri Prasetyo di bawah ini. Cek cek!