[Travel Tips] Ideas Cannot Wait

image

Ada banyak hal yang saya pelajari selama hidup bergelut di dunia kreatif dan penulisan. Di antaranya, bahwa banyak ide yang bisa muncul dari kepala kita, tapi tidak semuanya patut untuk direalisasikan–harus ada proses seleksi ide yang dilakukan. Lalu, bahwa sebuah atau dua buah ide itu sama sekali tidak bisa dibiarkan begitu ia muncul di kepala. Salah-salah, ia akan terlupa, lalu ketika kita mencoba mengingat ide yang kita pikir brilian tadi, kita sudah lupa dan gagal mengingat walaupun sudah memeras otak.

Jujur saja, saya pribadi sering menyesal sendiri karena ide-ide kuat yang muncul di pikiran, lalu menguap begitu saja tanpa bekas karena lupa. Tapi ya namanya hidup. Ada proses belajar yang mesti terjadi; dari tidak paham jadi paham, dari nakal jadi bertanggung jawab, dan dari gagal jadi berhasil. Saya tidak mau selamanya menyia-nyiakan ide di hadapan lupa.

Karena kita kini sangat dekat–bahkan sudah terlalu dekat–dengan yang namanya teknologi, maka ada baiknya juga untuk mencegah ide itu menguap lewat gadget. Ada aplikasi-aplikasi di gadget kita, mulai dari ponsel hingga laptop. Berikut adalah 3 di antara aplikasi yang bisa kita pilih agar ide tidak terlewat begitu saja.

ColorNote Notepad Notes
Tersedia di Android, aplikasi catatan ini sangat user friendly karena desainnya minimalis tapi fungsional. Wujud ruang tulisannya seperti buku bergaris, yang (bagusnya) warnanya bisa diganti-ganti, sesuai selera dan sesuai tingkat prioritas jika kita inginkan. Di luar itu, aplikasi ini bisa dibagikan langsung ke beberapa tempat, seperti media sosial pribadi sampai akun chat seperti Whatsapp.

Evernote
Tersedia di Android. Apps ini tidak hanya bisa membuat kita mengunggah foto dan to-do-list, tapi juga kita bisa membuat catatan tentang ide yang tiba-tiba pop up di kepala. Serunya, Evergreen memiliki sistem cloud-based-note-service, yang artinya kita bisa mengakses segala macam catatan atau foto kita tidak hanya lewat aplikasi ponsel, tapi juga lewat laptop atau PC.

Gtask
Ini salah satu aplikasi andalan untuk kita yang ingin membuat catatan ide, daftar kegiatan yang harus dilakukan, sekaligus ada fitur kalendar yang bisa bantu mengingatkan kita akan tugas yang harus dilakukan. Asyiknya, kalendar ini bisa disinkronisasi dengan Google Calendar. Klasik, tetapi multifungsi.

Jadi, jangan biarkan ide itu meluncur pergi dari benak kita. Selain aplikasi ini, saya sendiri amat terbantu dengan adanya notebook Acer One10 dari Acer Indonesia. Jika ponsel sedang lemot atau lowbat, saya cukup menyalakan Acer One10 di mana pun dan menuliskan ide yang saya miliki. Hal ini jadi mungkin karena One10 begitu ringan dan responsif.

5 Comments Add yours

  1. ghozaliq says:

    nha itu…. terkadang di tempat yang katanya “sumber inspirasi” malah saya gak bawa hape😀

    1. Atre says:

      yah sayang banget, tapi bisa dicatat di buku juga kok.

  2. Gara says:

    Setuju, kehilangan ide memang mengesalkan sekali, apalagi yang hilang adalah ide yang sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah tulisan hebat :)). Jadi kehadiran aplikasi penangkap ide seperti ini memang sangat membantu, sih :haha. Saya juga instal beberapa aplikasi note di tablet ini, di sini dapat alternatif baru lagi, terima kasih ya :)).

    1. Atre says:

      🙂

  3. Mas Yunus says:

    Betul Mbak, ide jikalau tidak segera dieksekusi jadi liar entah lari ke mana. Biar tidak liar, maka harus diikat; ikatannya ya ditulis dalam buku, kalau sekarang ya bisa pakai sarana Notepade, evernote, atau Gtask seperti yang mbak sebutkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s