[Travel Tips] Traveling Sekarang Dibantu Travel Organizer

Traveling bukan cuma perkara mempersiapkan uang untuk membiayai segala pengeluaran. Bukan cuma persoalan mengalami jitters sebelum keberangkatan, saat traveling, atau setelah selesai perjalanan. Traveling juga berkaitan erat dengan perencanaan.

Ada memang pepatah dari Lao Tzu–filsuf dan penyair China tempo dulu–yang menyatakan bahwa, “A good traveler has no fixed plans and is not intent on arriving.” Tapi toh tidak semua pejalan suka pada perjalanan yang tanpa rencana atau tanpa tujuan.

Ada orang-orang cenderung memilih segala yang pasti dalam hidup mereka, termasuk dalam hal traveling. Tempat yang bakal dikunjungi, kapan berangkat, kapan pulang, tempat menginap, segala sesuatunya harus jelas. Jika kita ternyata adalah salah satu dari para pejalan yang menginginkan segalanya serba pasti, kata-kata Lao Tzu pasti dianggap angin lalu.

Kenyataannya, merencanakan perjalanan sendiri pun tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak elemen yang harus diperhatikan. Mulai dari menentukan waktu perjalanan, mengecek cuaca dan musim, untuk kemudian memesan tiket pesawat keberangkatan dan kepulangan, memilih penginapan di antara sekian banyak pilihan,
mencari-cari transportasi yang diperlukan selama di tempat tujuan, mencari tempat makan yang recommended, lalu mengurus visa dan mempersiapkan paspor (jika traveling keluar negeri), dan sebagainya.

Bagi yang suka mengoordinasi sesuatu, bagian perencanaan ini bisa jadi malah bagian paling menyenangkan. Tapi, bagaimana jika kita tidak punya waktu? Bagaimana jika kita tidak berbakat untuk mengurus hal semacam ini, bahkan untuk perjalanan kita sendiri?? Sesiap apa pun biaya yang kita punya, tapi jika tidak memiliki waktu untuk mengurus perjalanan tersebut, kita tidak akan pernah betul-betul berangkat, bukan?

Untungnya, sekarang kita tidak perlu mengurus segala sesuatunya sendiri. Banyak travel
organizer yang memang ada untuk membantu kita mengurus perjalanan yang kita minati. Berikut 3 di antaranya yang saya rekomendasikan.

@KartuPos

This slideshow requires JavaScript.


Jauh sebelum serius tenggelam dalam dunia travel organizing, saya sudah mendengar nama Kenny Santana sebagai penulis di media tempat saya bekerja dulu: area Magazine. Ia kerap menjadi kontributor untuk rubrik yang membahas tentang film. Setelah resign dari sana, saya masih kadang-kadang melihat Kenny mengisi rubrik tidak lagi film, tapi travel–karena rubrik film yang ia isi sudah ditiadakan. Kenny menulis kisah perjalanannya dalam beberapa halaman di majalah kecil tersebut, dengan destinasi yang bikin ngiler.

Beberapa tahun belakangan, saya baru mendengar tentang @KartuPos yang ternyata dilahirkan dan dirawat oleh Kenny. Ketika membuka situsnya, saya melihat banyak berita yang berkaitan dengan pariwisata, dan acara berbagi hadiah atau lelang, mulai dari voucher hotel sampai tiket pesawat.

Sejak 2012 sampai kini, @KartuPos kemudian berkembang terus. Ia kini tidak hanya dikenal
sebagai “brand” baik hati yang gemar berbagi hadiah, tapi juga menjadi salah satu travel
organizer yang menyediakan trip-trip menarik dengan beragam determinasi. Mulai dari trip musik, seperti konser Taylor Swift dan Ed Sheeran yang laris manis, Laneway, Coldplay London, Madonna Rebel Heart Bangkok; trip landscape, seperti Santorini, Iceland, Brazil, New York, Harry Potter London; sampai trip-trip yang bisa di-custom sesuai keinginan (mungkin suatu hari kalau tabungan sudah cukup, saya mau minta tolong Kenny untuk disusunkan perjalanan ke Namibia, salah satu bucket list impian saya. Amiin!)

@KartuPos memudahkan kita mengoordinasi perjalanan ke berbagai destinasi, baik Indonesia maupun dunia. Kita bahkan tidak perlu selalu ikut dalam grup orang asing jika bepergian lewat @KartuPos. Bisa hanya berdua dengan kekasih, atau berkelompok dengan sahabat-sahabat. Senangnya lagi, pembayaran trip di @KartuPos bisa dicicil. Silakan mengunjungi situs @KartuPos, lalu pesan perjalanan yang diinginkan.

Instagram: @Kartuposinsta
Twitter:
@KartuPos
Website: www.kartupos.co.id

 

Ibu Penyu

This slideshow requires JavaScript.


Orang yang berada di balik Ibu Penyu adalah seorang perempuan berkulit eksotis bernama Vindhya Sabnani. Beberapa kali sempat bertemu dengan Vindhya, ia adalah orang yang menyenangkan, termasuk jika menjadi teman traveling.

Travel organizer milik Vindhya ini dinamakan Ibu Penyu karena terinspirasi dari penyu yang bergerak lambat di darat tapi kuat bermain di air. Hewan ini menggambarkan diri Vindhya sedikit-banyak yang lebih suka bermain di laut, ketimbang trekking. Karena itu, destinasi-destinasi yang tersedia di Ibu Penyu lebih banyak adalah destinasi laut. Biasanya, Vindhya akan survei terlebih dulu tentang destinasi tertentu sebelum akhirnya membawa teman-teman untuk traveling ke sana.

Jika suka bepergian dengan jumlah yang sedikit dan intim, Ibu Penyu bisa jadi pilihan tepat.
Sebab, ia membatasi jumlah maksimum peserta tiap trip berjumlah 9 orang. Bahkan, bisa jadi kurang dari itu.

Ibu Penyu juga sadar akan keinginan kita untuk bersantai saat traveling. Jadi, perjalanan (disebut open trip) yang dikoordinasi oleh Ibu Penyu memiliki jadwal yang fleksibel dan tidak padat. Kita bahkan bisa membuat agenda sendiri, di luar agenda yang dibuat oleh Ibu Penyu–jika ingin lebih bebas.

Sampai kini, Ibu Penyu menyediakan open trip ke Banda Neira dan Kei, Maluku; Taman Nasional Komodo, Flores; Derawan, Kalimantan Barat; Tanjung Puting, Kalimantan Tengah; Taka Bonerate, Sulawesi Selatan; Togean, Sulawesi Tengah; Weh, Aceh; Wakatobi, Sulawesi Tenggara; dan beberapa destinasi lain. Ibu Penyu juga membuka trip dengan destinasi custom di Indonesia sesuai keinginan kita.

Instagram, Twitter: @ibupenyu
Website: www.ibupenyu.com

 

Lombok Vacation

This slideshow requires JavaScript.


Travel organizer yang terakhir ini lebih berfokus pada destinasi wilayah Lombok dan sekitarnya. Sempat vakum selama 2 tahun karena si empunya sibuk mengerjakan tugas akhir kuliah, Lombok Vacation yang sudah mulai beroperasi sejak 2010 ini kembali membuka trip.

Gilang Tamma dan Yudhi Zahari adalah orang-orang di balik Lombok Vacation (LV). Keduanya adalah orang Lombok yang merantau di Bandung untuk kuliah. Karena itu, di awal-awal kemunculannya, LV lebih banyak membuka perjalanan semibackpacker Bandung-Lombok. Dalam setahun, LV bisa menggelar trip sampai 3 kali.

Baru pada 2011, setelah resmi menjadi badan usaha di bidang jasa perjalanan wisata di bawah bendera PT Dueton Global Utama, LV mulai menyediakan paket perjalanan yang lebih beragam. Tidak hanya Bandung-Lombok, kini LV bisa jadi travel organizer plihan untuk perjalanan keliling Flores, eksplorasi Komodo, diving di Gili, telusur Lombok dan Sumbawa, hiking Gunung Rinjani, sampai trekking di Bromo, Jawa Tengah. Langsung raih LV lewat kontak-kontak di bawah ini.

Instagram, Twitter: @LombokVacation
Website: www.lombokvacation.co.id

See, merencanakan perjalanan kini tidak serumit dulu lagi, bukan? Kita bisa minta tolong
bantuan travel organizer untuk menyusun perjalanan yang kita inginkan. Kerumitan yang harus kita pikirkan paling-paling hanya satu: menentukan destinasi yang ingin kita datangi lebih dulu. Sebab, semua destinasi kedengarannya seru!

4 Comments Add yours

  1. Gara says:

    Kayaknya saya kenal salah satu admin LV: senior di SMA dulu :hehe. Ya, kalau ingin nyaman dan damai, kadang meminta bantuan travel organizer memang pilihan yang tepat. Namun untuk saya, mengingat keterbatasan berbagai sumber daya :haha, kayaknya saya mengurus perjalanan secara swakelola dulu :hehe. Di samping itu, ada euforia yang terasa ketika kita merencanakan perjalanan sendiri… perasaan menggetarkan yang susah diganti!

  2. ibupenyu says:

    aaaaaak! thank you, atre ^.^

    1. Atre says:

      Sama-sama Viiinnnn. Eh aku lupa ngasih link ya ke kamuuu…😀

  3. nengbiker says:

    kartupos sekarang bagaikan ibu dibyo-nya jalan-jalan…
    sangat membantu sekali.

    eh sekarang ada ibu penyu jg sih😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s