Lombok Timur: Where to Go?

Mari lanjutkan pembicaraan tentang Lombok Timur. Selain menikmati beach camp resort yang magerin banget di Jeeva Beloam, ada beberapa destinasi yang sekaligus bisa kita nikmati di kawasan ini.

Tanjung Ringgit
Saya selalu menyebut tanjung ini adalah pasangan jiwa dari Pantai Beloam. Dengan letak berdampingan, Bentuk kurva naik dari Tanjung Ringgit tidak akan terlihat sempurna tanpa adanya debur-debur ombak dari Pantai Beloam.

Tanjung Ringgit sejak lama dikenal sebagai spot tepat untuk menikmati matahari terbit. Kita hanya butuh mendaki sekitar 10-15 menit dari pelataran Jeeva Beloam untuk sampai ke puncak tanjung tersebut. Dari sana, kita bisa melihat Samudera Hindia seluas mata memandang.

Tanjung Ringgit - Tanjung Beloam

Pantai Segui
Tempo hari, saya, Djantjuk, dan beberapa kawan pergi ke Segui dari Jeeva Beloam. Jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 20 menit naik mobil. Sepanjang perjalanan, kami menikmati panorama yang tenang, melewati ladang jagung, hutan yang masih didiami monyet-monyet liar, dan jalanan berkerikil yang membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Berkat perbincangan-perbincangan, mulai dari destinasi traveling sampai pernikahan, membuat 20 menit perjalanan terasa begitu singkat.

Kami tiba di sebuah pantai kosong yang tenang. Segui memang bukan tipikal pantai wisata. Tapi, keindahannya jangan ditanya. Begitu kaki-kaki ini tiba di tepi pantai, pasir putih Segui yang lembut langsung membelai-belai. Setelah melihat lebih dekat, pasir-pasir ini ternyata berpadu dengan butiran-butiran merah dari koral merah yang pecah. Saya segera mengingat Pink Beach di Taman Nasional Komodo. Sebab, Segui ini pun ketika sinar matahari menimpa pasir, tepi pantai berubah menjadi pinkish.

Air lautnya pun begitu cantik; jernih dengan warna gradasi biru yang apik. Begitu disentuh, air ini ternyata dingin dan segar. Tipikal Pantai Segui berair tenang karena di bagian kanan-kirinya ‘dipagar’ oleh teluk kecil yang membuat Segui seolah menjadi pantai tersembunyi. Cantik sekali kalau ke sini sore hari. Senja dari sebelah kiri pantai akan membuat pasir menjadi kemerahmudaan, kecipak air laut begitu samar, birunya laut sontak membius, dan bebungaan di tepi pantai bergoyang-goyang pelan-pelan. Zen.

Senja tipis-tipis di Pantai Segui

Gili Petelu atau Gili Tiga
Percakapan tentang Lombok Timur belum selesai tanpa mencoba “lompat pulau” (islands hopping). Seperti pepatah “sekali mendayung, dua-tiga pulau tersinggahi”. Pertama, Pulau Gili Petelu. Jujur, sebelum akhirnya hari itu, saya belum pernah mendengar tentang pulau ini. Maka, saya pribadi excited ketika akan mampir ke pulau tersebut.

Kapal kayu membawa kita “melompat” menunggu di Segui. Jadi, titik keberangkatan adalah di pantai zen itu. Kalaupun mau alternatif, bisa juga mulai hopping lewat Pantai Tangsi (Pink Beach Lombok).

Dari Segui untuk sampai ke Gili Petelu, butuh waktu tidak sampai satu jam. Gili Petelu ini disebut juga Gili Tiga karena ada tiga pulau yang berdekatan dalam satu wilayah. Ada juga yang bilang, dinamai Gili Tiga karena jika dilihat dari udara, pulau ini membentuk angka 3.

Pulau ini kecil, dengan pesisir yang penuh kerikil. Jadi, memang agak sakit kalau jalan-jalan di Gili Petelu tanpa alas kaki. Ini salah satu spot snorkeling, tapi saya sendiri tidak mencobanya. Entahlah, lebih asyik naik ke bukit kecil, melihat pulau kecil ini dari atas, menikmati angin yang lumayan kencang siang itu menggoyangkan kalibuda (pohon yang banyak digantungi oleh batu warna-warni), sembari memandangi kawan-kawan yang asyik berbincang, berenang, dan menghabiskan waktu menyenangkan.

Batu-batu tergantung di Gili Petelu

Hingga kemudian, langit menggelap. Kami masih punya dua pemberhentian lagi, sebetulnya. Setelah Petelu, kami seharusnya beranjak ke Pulau Semangkuk. Tapi, di tengah perjalanan, ombak meninggi. Sangat tinggi sampai-sampai masuk ke kapal dan mengombang-ambing kapal. Nakhoda dan anak buah kapal yang jumlahnya tiga orang memutuskan tidak mungkin melanjutkan perjalanan ke Semangkuk. Maka, kami langsung memintas ke titik terakhir.

Snorkeling spot Gili Petelu

Pantai Tangsi (Pink Beach Lombok)
Adalah pantai yang lebih terkenal dengan sebutan Pink Beach-nya Lombok. Tapi, menurut saya, pasirnya jauh lebih merah jambu Pantai Segui ketimbang Tangsi.

Tangsi ini mengingatkan saya pada pantai-pantai wisata di Banten, terutama kawasan Anyer dan sekitarnya. Pantai ini sudah ramai oleh rombongan keluarga yang hendak piknik. Di tepi pantai juga sudah banyak gubuk bambu tempat menjual makanan dan minuman ringan.

Di sebelah kiri, ada bukit rumput yang bisa dijelajahi. Dengan demikian, dari puncak bukit tersebut, kita bisa memandang Pantai Tangsi yang tegas: pasir pantainya begitu putih dengan air lautnya yang begitu jernih kebiruan. Dari atas bukit ini juga, kita bisa memandang langsung ke laut lepas, pulau-pulau di kejauhan, sampai ombak-ombak yang membentur karang di dasar bukit.

Pantai Tangsi (Pink Beach) from the hill

Di luar destinasi-destinasi di atas, tentu saja masih banyak tempat di Lombok Timur yang patut disambangi. Silakan menambahkan tempat favorit Anda di Lombok Timur. Mungkin ketika lain kali kembali ke sini, saya bisa mampir. Salam!

 

Info Renjana:
Jika menginap di Jeeva Beloam Beach Camp Resort, pihak resort bisa menyusun perjalanan di luar Jeeva Beloam dengan tambahan biaya, sebagai berikut.

  • Sebuah kapal kayu, termasuk alat-alat snorkeling dan air mineral, untuk 6 orang seharga mulai dari Rp250.000.
  • Trip ke pasar ikan seharga Rp370.000.
  • Surfing trip ke Ekas, termasuk sewa kapal kayu seharga Rp925.000 (sewa papan selancar Rp106.000/ jam, jika tidak membawa papan sendiri).

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Jeeva Beloam Beach Camp Resort di situs www.jeevabeloam.com atau nomor telepon +62 (0) 370 693 035.

 

Foto-foto oleh Giri Prasetyo dan Astri Apriyani.

One Comment Add yours

  1. Gara says:

    Hee, Lombok Timur ya, hmm… saya tahunya cuma Otaq Kokoq, pemandian yang airnya dipercaya bisa sebagai obat. Kalau ke pantai-pantainya ini saya belum pernah datangi (padahal ngakunya orang Lombok :haha). Terima kasih informasinya, pantai Lombok emang surga banget! Mupeng lihat keindahannya! Mesti ke sana nih kalau mudik nanti :hehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s