Top 7 Beautiful Places in South Coast Iceland

Terbangun di pagi hari, sekitar jam 6 waktu Islandia, karena alarm berdengung-dengung keras dari ponsel. Sempat di-snooze, tapi ia bersuara lagi lima menit kemudian. Selimut sudah tebal, tapi badan tetap linu karena dingin. Di Jakarta tidak pernah tidur mengenakan kaos kaki, tapi di sini kaos kaki dipasang hingga sebetis. Mata sulit terbuka, inginnya merapat lagi lalu tidur kembali.

Itu adalah rutinitas pagi selama seminggu saya di Islandia. Negeri Api dan Es ketika musim dingin bisa mencapai paling dingin -20 bahkan lebih. Saya tak kira bisa merasakan udara sedingin ini seumur hidup saya. Tapi, sedingin apa pun dan semager apa pun kala bangun tidur, ketika beberapa menit kemudian jiwa sudah berkumpul dan sadar bahwa saya sedang berada di Islandia, mager lekasan hilang.

Tidak hanya berkeliling Reykjavik dan Golden Circle, saya juga sempat mengeksplorasi kawasan Taman Nasional Vatnajökull di South Coast Iceland. Alias, kawasan pesisir selatannya Islandia. Dari dulu memang mengidam-idamkan untuk menjelajah South Coast karena banyak destinasi “ajaib” dan dreamy di sana. Alhamdulillah, semua mimpi tentang Islandia, tercapai di tahun 2016.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, berikut 7 destinasi yang harus masuk dalam daftar wajib jika datang ke Southcoast Iceland.

 

SELJALANDSFOSS

Seljalandsfoss berada di Route 1 kawasan pesisir Selatan. Ia termasuk dalam area Taman Nasional Vatnajökull (Vatnajökull National Park), area yang disebut-sebut sebagai kawasan gletser terluas di Eropa. Air terjun ini memiliki tinggi 60 meter dengan dinding-dinding batu kehitaman.

Karena saya datang di bulan Februari, yang artinya Iceland sedang di bawah naungan musim dingin, pemandangan didominasi warna putih salju. Bibir air terjun membeku. Tapi, aliran air masih jatuh dengan derasnya, mengeluarkan bunyi blarrrr blarrrr yang repetisi dan bising.

Di bawah air terjun, terdapat Sungai Seljalands (Seljalands River) yang menampung air tersebut, dan mengalirkannya jauh.

Spot favorit banyak orang di air terjun ini adalah menelusup masuk ke belakang aliran air terjun. Ada rongga di balik air deras itu yang berbentuk semacam gua tapi tidak terlalu dalam.

 SKÓGAFOSS

Masih di Route 1, Skógafoss berada 30 menit saja dari Seljalandsfoss. Nuansa Skógafoss sedikit berbeda dari Seljalandsfoss. Skógafoss cenderung lebih terang dengan tebing air terjun yang berupa rumput kecoklatan—bukan bebatuan hitam. Dulu, tebing setinggi 60 m ini adalah tebing garis South Coast. Kini, garis pantai surut 5 km dari tebing tersebut.

Skógá River mengalir di bawah Skógafoss. Di punggungan bukit, terdapat anak tangga menuju puncak air terjun. Dari puncak tersebut, kita bisa menikmati titik jatuh air terjun. Jika beruntung, di sini kerap kali tercipta pelangi. Indah sekali.

 

REYNISFJARA

Dari Skógafoss, kita berkendara sekitar 30 menit menuju Reynisfjara. Ia adalah pantai berpasir hitam, dengan air laut yang terlihat kelabu. Ia memanjang hingga 180 km dan berada dekat dengan Vík (Vík í Mýrdal), kota paling selatan di Islandia. Reynisfjara berada di antara Peninsula Dyrhólaey dan Gunung Reynisfjall, South Coast.

Ombak-ombak terdengar begitu keras di sini; saling tabrak. Kalau jeli, kita akan bisa melihat batu basalt di tepi pantai yang bentuknya seperti kolom-kolom yang dipahat rapi berbentuk persegi panjang. Mereka bersudut sempurna. Bebatuan itu disebut Garðar. Ia terbentuk dari magma yang perlahan mendingin. Proses yang terjadi selama ratusan tahun.

Hal menarik lain, di lepas pantai, terdapat dua bongkah batu besar yang dari jauh terlihat seperti siluet. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang-orang Islandia percaya akan keberadaan troll, elf, dan makhluk-makhluk mitologi lainnya.

Kedua batu di Reynisfjara itu disebut Reynisdrangar. Mereka percaya bahwa keduanya adalah troll yang berusaha untuk mendarat di Reynisfjara sebelum pagi. Namun, waktu mereka tidak cukup. Mereka kemudian terpapar sinar matahari dan berubah menjadi batu.

 

VATNAJÖKULL

Selama mengeksplorasi pesisir selatan Iceland, kami tidak kembali ke Reyjkavik untuk beristirahat. Kami tinggal di Skaftafell, kawasan yang termasuk Taman Nasional Vatnajökull sejak 2008.

Islandia disebut-sebut sebagai The Land of Ice and Fire oleh banyak bangsa. Saya bisa paham alasannya begitu hari ini berkesempatan menjelajahi Vatnajökull. Jökull dalam bahasa Icelandic artinya “gletser”, sementara Vatna berarti “air”.

Vatnajökull bukan sembarang padang gletser. Ia adalah area gletser terbesar di Islandia dan kedua di Eropa, menutupi hingga 8% dari daratan negara ini. Ia juga disebut sebagai wilayah ice cap dengan volume terbesar di dunia, mencapai hingga 3.100 km3 dengan rata-rata ketebalan 400-1.000 m.

 

JÖKULSÁRLÓN

Jökulsárlón adalah danau terdalam dan salah satu yang terbesar di Eropa. Letaknya di gletser Breiðamerkurjökull, area gletser yang masih termasuk bagian Vatnajökull. Ukuran danau ini sudah membesar 4 kali lipat sejak tahun 1970-an, karena mencairnya gletser.

Saya dan Giri menyempatkan diri menaiki bukit tertinggi di tepi Jökulsárlón, lalu terduduk. Dari atas bukit, terlihat lekuk-lekuk tepian danau seperti liuk pinggang para balerina.

 

CRYSTAL CAVE

Mengendarai jIp, saya menyusuri Breiðamerkurjökull yang sangat putih. Terasa ban-ban jIp merangsek di dalam salju. Seperti melindas kapas renyah. Setelah 15 menit menyusuri padang gletser, kami tiba di sebuah titik pemberhentian. Hanya ada mulut kecil di permukaan gletser, yang kemudian seperti membentuk terowongan bawah tanah.

Ice caving ini hanya bisa dilakukan saat winter. Lokasinya berubah-ubah. Sebab, banyak gua es baru yang terbentuk setiap tahunnya. Gua es yang saya datangi disebut Crystal Cave. Letaknya di Breiðamerkurjökull, area terbaik untuk mengeksplorasi gua es di Iceland.

Sesuai namanya “gua kristal”, dinding-dinding es ini begitu bening, serupa kristal. Di dalam es tersebut, kadang ada guratan-guratan hitam yang berasal dari debu vulkanik. Dinding es tersebut menerangi gua dengan warna biru yang cantik. Kadang-kadang, kami harus berjalan jongkok. Kadang-kadang bahkan merangkak untuk menelusuri gua.

 

 SVÍNAFELLSJÖKULL

Masih berada di kawasan Taman Nasional Vatnajökull, ini adalah area gletser yang berbeda dari kawasan Vatnajökull yang didominasi warna putih. Es-es di Svínafellsjökull seperti dipahat sedemikian rupa. Beberapa menyerupai ombak. Beberapa yang lain begitu mulus seperti dipoles. Ini pengalaman menikmati es biru yang paling mengagumkan.

 

Beberapa menit setelahnya, kami sudah berada di Route 1 menuju Reykjavik. Kami melaju begitu perlahan. Badai salju menggila di luar. Untunglah, akhirnya perjalanan 4-5 jam dari South Coast menuju Reykjavik lancar dan selamat. Happy holiday!

 

 

PANDUAN PEJALAN NEGERI ES DAN API

 

SELFDRIVE ATAU TUR?

Ada banyak pilihan untuk menjelajah Islandia, termasuk South Coast. Kita bisa menggunakan jasa operator tur, seperti Arctic Adventures, Bustravel Iceland, dan lain-lain. Pilihan lain adalah menyewa mobil beserta sopir, atau kalau sudah memegang SIM internasional, silakan menyetir sendiri (selfdrive). Untuk opsi terakhir, hati-hati terhadap perubahan cuaca yang kerap ekstrem.

 

KULINER

Seperti negara-negara Nordik lainnya, Islandia kaya akan ikan-ikan dari Samudera Atlantik, yang kemudian mempengaruhi kuliner mereka. Karena itu, sebagian besar hidangan mereka berbahan ikan, antara lain herring, salmon, sampai paus dan hiu. Kuliner Islandia juga akrab dengan daging-dagingan, seperti hangikjöt (smoked lamb) atau lamb hot dog (ein með öllu).

 

OLEH-OLEH

Kota yang paling memadai untuk urusan mencari oleh-oleh adalah Reykjavik, ibukota Islandia. Kita bisa mendatangi beberapa shopping street, salah satunya Laugavegur. Kita akan menemukan, mulai dari lopapeysa atau sweater wool yang motifnya asli dari Islandia periode 1950-an, volcanic rocks, sampai kartu pos.

 

WAKTU KUNJUNG

Pertanyaan pertama adalah apa yang ingin dicari di Islandia?

 

Berburu Aurora Borealis

Aurora biasanya muncul pada September-April, tapi waktu terbaik adalah Februari-Maret dan September-Oktober. Waktu-waktu inilah saat terjadinya equinox, saat durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi relatif sama.

 

Enjoy Midnight Sun

Jika ingin menikmati midnight sun, kita bisa datang saat Juni-Juli.

 

Orca Watching

Ingin melihat Orca? Kunjungi Islandia saat Februari dan Maret.

 

Off Season

Islandia memiliki masa off-season pada Juni-September. Off season adalah saat wisatawan sedikit datang, dan harga segalanya (akomodasi, rental mobil, tiket pesawat) juga turun. Museum-museum tutup saat off season. Tapi, kita bisa melakukan berbagai aktivitas lain, seperti memancing, menunggang kuda, spa, ski, sampai aerial tours.

 

2 Comments Add yours

  1. amel says:

    mba mw tanya apply visa iceland itu = visa khusus atau itu termasuk visa schegen mba..?mhn pencerahan

    1. Atre says:

      Schengen, Amel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s