Trizara Resorts untuk Glamping Mewah nan Nyaman Dekat Jakarta

Jadi, saat ini, ketika saya menuliskan hal ini, saya sedang berada di Ibukota tercinta, Jakarta. Kota padat dan panas yang bikin benci-benci-benci-tapi-rindu-jua (pasti bacanya sembari nyanyi. Lol.).

Kalau Sherlock Holmes punya mind palace di pikirannya, tempat ia bisa memanggil memori apa pun yang ia butuhkan kapan pun dan di mana pun, kalau saya mungkin sekadar punya mind chalet. Ukurannya lebih kecil ketimbang punya Sherlock (palace, chalet, get it?). Mind chalet saya ini biasanya dipakai buat menyimpan memori-memori menyenangkan saja. Yang sedih-sedih biasanya diiris tipis-tipis lalu disebar ke udara, biar hilang.

Nah, salah satu memori paling tepat untuk meredam panasnya Jakarta adalah memori dua hari satu malam menginap di Trizara Resort, Lembang, Jawa Barat.

Kedamaian Trizara Resorts di pagi hari.

Dengan hanya sebentar saja menutup mata, saya rasanya sudah bisa merasakan kembali sejuknya hawa Lembang. Lalu, nyamannya menginap di Trizara Resorts yang berbentuk tenda besar, tapi dipenuhi fasilitas yang lengkap, mulai dari kamar mandi dalam tenda, air panas, kipas angin, Wi-Fi, ranjang empuk, bahkan ada balkon. Tapi, yang paling mewah dari semuanya, adalah lanskap yang bikin mata langsung segar seketika—pepohonan hijau, kadang-kadang berkabut, kadang-kadang menjingga karena tertimpa matahari—tiap kali membuka tenda.

Trizara Resorts mengusung konsep glamping, kepanjangan dari glamour camping. Artinya, meskipun judulnya adalah berkemah, tapi ini bukan seperti berkemah yang selama ini kita kenal. Glamping tidak membutuhkan kantong tidur, matras, atau membuka tenda sendiri. Karena “glamor”, tenda sudah berisi fasilitas seperti yang sudah saya sebutkan di paragraf sebelum ini.

Beberapa tahun belakangan ini, wisata ala glamping memang mulai punya pangsa pasar di Indonesia. Temanya macam-macam. Nah, Trizara memilih tema bersatu dengan alam, sembari merasakan pengalaman seru melalui beragam aktivitas.

 

AKOMODASI: BERAGAM TENDA YANG BISA DIPILIH

Di lahan seluas 3 hektar ini, berdiri tenda-tenda dengan tiga jenis berbeda. Pertama, Netra (Rp1,650 juta/ malam) berisi ranjang berukuran ratu (queen size bed), yang artinya cukup untuk 2 orang. Namanya yang bermakna “mata” dalam bahasa Sanskrit sungguh sesuai. Sebab, tenda Netra menghadap langsung ke pemandangan alam Lembang yang rindang, seluas mata memandang. Kedua, Nasika dan Svada (Rp1,9 juta/ malam) cocok untuk keluarga dan bisa menampung maksimal 4 orang. Terakhir, Zana (Rp1,2 juta/ malam) yang—sama seperti Netra—bisa menampung 2 orang, tapi tenda ini berada di tengah; tidak memiliki view sebebas Netra.

Tipe tenda Svada, Trizara Resorts.

Tempo hari, saya mencoba menginap di tenda Svada. Bagian paling favorit dari tenda tersebut adalah balkon dan air panas untuk mandi. Coba bayangkan, membaca buku favorit sembari minum kopi panas di balkon Trizara adalah selalu ide yang bagus. Dan untuk air panas, tidak ada yang bisa menandingi mandi air panas yang lamaaa sekali di tempat yang dingin (sekadar peringatan, Lembang ketika malam cukup bikin bergidik juga. Jadi jangan lupa bawa jaket hangat yang proper ya).

 

FASILITAS MENARIK LAIN DI TRIZARA RESORTS

Alangkah bikin magernya Trizara ini ternyata. Mager dalam artian, maunya di tenda terus, tidak ke mana-mana. Kemulan, gegoleran, pokoknya semua hal yang menjunjung tinggi konsep la dolce far niente, alias the art of doing nothing. Tapi, begitu menggodanya fasilitas di luar tenda yang dimiliki Trizara, sampai-sampai saya yang notabene memiliki predikat tidak resmi sebagai “putri mager”, memutuskan untuk keluar tenda.

Kalau ditanya spot favorit lain di luar tenda yang jadi favorit, saya bisa jawab: RESTORAN DAN KAFE! Ha-ha-ha. Bukan cuma soal makanan untuk perut, tapi juga makanan untuk mata, hati, pikiran, dan paru-paru. Soalnya, restoran di Trizara yang bernama Indriya (makanan Indonesia dan Western) dan kafenya yang bernama Terrace Café (BBQ) berada di area outdoor dan semi-outdoor.

Jadi, tidak cuma perut yang senang, hati dan pikiran ikut tenang, dan paru-paru lebih sehat karena menghirup udara segar banyak-banyak. Gawatnya, semua makanan di sini ena’ lagian! Sudah gitu, banyak pilihan dessert, ada juice bar, daaannn yang paling jawara, ada wedang jahe panas!

Trizara juga memiliki lahan yang khusus difungsikan untuk piknik. Tidak bawa picnic mat dan pernak-pernik piknik lainnya? Tenang. Trizara sudah menyediakannya. Ada pula trampolin yang siap diajak main kapan pun. Dan ketika malam tiba, api unggun akan dinyalakan. Menyenangkan.

 

FULL OF OUTDOOR ACTIVITIES
Fun time di Trizara Resorts.

Saya ingat betul, ketika pulang dari Trizara, saya mendapati paha dan tangan lebam keunguan di beberapa titik. Hati mah happy karena bisa recharge di Trizara. Malah rasanya kurang lama!

Lalu, kenapa lebam? Selidik punya selidik dan setelah diingat-ingat, mungkin karena saya ikut beberapa aktivitas seru selama di Trizara.

Sempat merasakan dilema yang besar, apakah ingin tetap tidur saja di tenda Svada yang sangat nyaman atau ikut beberapa aktivitas di Trizara. Yang jelas, kelas zumba yang diadakan sangat pagi terlewat. Belum bangun! Tapi, dua aktivitas seru lainnya, yaitu archery battle dan jeep offroad berhasil diikuti. Sama sekali tidak menyesal. Seru banget.

Archery battle itu semacam perang dua kubu seperti paintball, tapi ini dengan panahan. Bagi saya yang berkacamata, permainan ini sungguh menyiksa. Sebab, kita harus mengenakan masker yang kalau mengenakan kacamata, bakal menekan kacamata ke muka. Rada sakit. Tapi kalau kacamata dibuka, saya rabun. Mungkin, akan ada di masa mendatang penemuan masker untuk archery battle yang lebih nyaman. Bakal jadi salah satu penemuan penting abad ini! lol.

Highlight aktivitas selama di Trizara bagi saya adalah jeep offroad. Dengan titik awal di Trizara, berbagai jenis jip—hardtop atau softtop—menunggu di parkiran. Kebetulan, menginap di Trizara kali ini bareng dengan kawan-kawan travel blogger dari beberapa kota. Jadi, tambah menarik.

Dari Trizara, kita melewati rute jalanan beraspal untuk akhirnya sampai di perkebunan teh dan memasuki kawasan Taman Hutan Rakyat Ir. H. Juanda, Lembang. Saya pikir semula, “Ah oncom nih paling offroad-nya bakal cuma jalanan berkerikil-kerikil sedikit aja.” Dalam hati saya berucap demikian. Tapi, ternyata… keliru.

Memang, rute diawali dengan jalan setapak dari tanah berkerikil, melewati pepohonan pinus yang rindang. Beberapa kawan—melihat ringannya kadar offroad kali ini—segera bersemangat untuk naik ke atap jip, merasakan offroad dari sana. Tapi, semakin lama, jalan setapak semakin menyempit. Tanah semakin berlumpur dan dalam. Goncangan semakin besar.

Kawan-kawan yang semula di atap jip, segera turun. Saya sendiri merasakan paha terbentur ke kursi jip dan lengan tersabet tanaman saat jip melaju. Tapi, jangan salah sangka. Saya menikmati sekali perjalanan ini. Terutama, bisa teriak dengan bebas, melepaskan segala emosi yang sebelumnya tertahan. Siapa sangka, jeep offroad bisa menjadi semacam meditasi yang lebih ampuh daripada yoga.

Aktivitas lain bisa dilihat di link ini, mulai dari menikmati matahari terbit, refleksi, sampai karaoke.

Ah, Trizara, I’ll come back soon. Yang versi leyeh-leyeh banget. Harus. Ada yang mau bareng?

 

____________________

TRIZARA RESORTS
Jln. Pasirwangi Wetan,
Lembang, Indonesia
Booking:
+622282780085
+6285871698923
E-mail:
trizararesorts@gmail.com
Advertisements

7 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    Eah kak Atre jln jln trs nih

    1. Atre says:

      Ah samaaaa, kamu juga Kaaaakkkk 😀

      1. mysukmana says:

        ikutan dongsss klo halan halan wkkww

      2. Atre says:

        BUDHALLLL…

      3. mysukmana says:

        Langsung

  2. Jadi pengen ke Trizara lagi,,,tempatnya cocok banget buat refreshing otak sama badan hehe.

    1. Atre says:

      Iya ya kak. Cocok banget buat recharge.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s