#AussieBanget The Margaret River Chocolate Company: Destinasi Wajib Pencinta Coklat

Irresistible chocolate The Margaret River Chocolate Company - Atre

Saya suka sekali coklat. Paling favorit adalah dark chocolate. Paling tidak favorit adalah coklat dengan tambahan rasa aneh-aneh, seperti orange chocolate, coklat cabai, dan lain sebagainya—kalau chocolate fondue dengan buah segar, lain lagi ceritanya. Tapi, biarpun tidak favorit, kadarnya masih bisa dimasukkan dalam ranah “suka”. Jadi, pada dasarnya, sekali lagi, saya suka coklat.

Saya waktu kecil pernah membayangkan menghabiskan waktu di bawah pohon rindang, menggelar kain piknik, lalu ngemil coklat sepuasnya tak ada yang larang. Angan-angan ini muncul karena waktu kecil, selayaknya anak-anak yang lain, jatah saya makan manis-manis juga dikurangi oleh orangtua. Bukan cuma perkara kesehatan, tapi perkara hemat. Karena jelas, coklat yang sangat enak sampai bikin mouthgasm, itu tidak murah.

Sekarang, saya kembali membayangkan angan-angan masa kecil saya itu sembari duduk-duduk di atas rumput empuk di bawah pepohonan rindang sembari mengunyah dark chocolate di Margaret River, Western Australia. Di samping padang rumput ini, ada sebuah bangunan rumah bernuansa kayu yang hangat. Saat memasuki halaman depan yang juga rindang, saya melihat plang besar di depan rumah ini. Tulisannya The Margaret River Chocolate Company.

The front garden of The Margaret River Chocolate Company - Atre

Saya sempat baca sekilas tentang salah satu toko coklat besar di Western Australia ini. The Margaret River Chocolate Company, yang terletak 20 menit dari Busselton, adalah sebuah pabrik, toko, sekaligus kafe coklat yang sudah ada sejak 1999. Sering hanya disebut “The Chocolate Factory”, The Margaret River Chocolate Company ini sudah ada pula di Swan Valley dan Murray Street, Perth. Khusus yang di Margaret River ini, saya sendiri melihat toko ini tidak pernah sepi.

Banyak orang datang ke The Margaret River Chocolate Company tidak hanya untuk membungkus berkotak-kotak coklat untuk dibawa ke rumah. Tapi, mereka duduk, menikmati makan siang roti lapis atau croissant, dengan minuman es coklat yang luar biasa enak (saya sudah coba sendiri), berbincang-bincang, sembari menikmati suasana tenang dan asri khas Margaret River.

The Margaret River Chocolate Company ini memiliki beberapa area. Sejak memasuki wilayah parkir, kita akan langsung melihat bangunan berbentuk rumah kayu dengan taman hijau di halaman depannya, seperti yang selintas saya sudah sebutkan tadi. Lalu, susuri jalan setapak, dan ketika kita memasuki rumah kayu, bertumpuk-tumpuk, berderet-deret, beragam jenis coklat memenuhi ruangan. Mulai dari chocolate bars, chocolate coated delights, hand made truffles, novelty chocolates, chocolate body products, chocolate sauce, cookies, ice-cream, chocolate milk, sampai chocolate cakes. Semuanya hampir ada 100 ragam! Dan, semuanya menggiurkan!

The chocolate of The Margaret River Chocolate Company - Atre

A different kind of chocolate The Margaret River Chocolate Company - Atre

Saya semula sempat ragu, tiap jenis coklat di sini rasanya seperti apa, ya. Tapi, lalu saya melihat ada beberapa mangkok perak besar di dekat etalase berisi kepingan coklat beragam rasa. Jadi, The Margaret River Chocolate Company menyediakan free tasting alias coklat-coklat yang bisa kita icip gratis. Kalau saya, tentu saja, jatuh cinta pada dark chocolate mereka yang terasa bitter-sweet, tapi bikin ketagihan. Oh iya, tidak hanya coklat, mereka juga punya berbagai pilihan es krim, sorbet, dan cake.

Jika ingin tahu proses pembuatan coklat di sini, dari area indoor kafe, kita bisa mengintip dapur coklat yang dibatasi oleh kaca. Kita bisa melihat langsung pembuatan coklat produksi The Margaret River Chocolate Company. Memungkinkan kita bisa bertegur sapa dengan para pahlawan di balik coklat nikmat ini.

The menu The Margaret River Chocolate Company - Atre

Adalah ide yang bagus juga jika kita bisa memutuskan untuk makan siang di sini. Berbagai pilihan burger, pasta, sandwich, salad, sup, sampai sweet treats, seperti milkshake, chocolate fondue, hingga brownies, tersedia di sini. Mereka juga memiliki area makan di dalam atau di luar ruangan. Saya sendiri akhirnya memesan es coklat kental dengan tambahan krim kocok di atasnya, beef burger, dan beberapa batang dark chocolate.

Outdoor area The Margaret River Chocolate Company - Atre
Foto oleh Giri Prasetyo.

Saya bawa makanan dan minuman saya ke area outdoorLahan hijau yang sangat luas di bagian belakang rumah, dengan pepohonan besar-besar yang membuat udara semakin sejuk dan rindang ada di sana. Ah… BEST.

Setelah makan, saya biarkan perut yang kenyang berkawan dengan rasa kantuk yang datang tiba-tiba. Angin sepoi-sepoi semakin bikin mata lemah. Sesekali cuitan burung terdengar samar dari atas pohon. Saya yakin, saya dua puluh tahun yang lalu mungkin saja berterima kasih untuk hari indah di Margaret River ini.

Marischka Prudence for #AussieBanget - Atre
Marischka Prudence untuk #AussieBanget campaign Tiket.com dan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia.

 

The Margaret River Chocolate Company – Margaret River
415 Harman’s Mill Rd, Metricup WA 6280
(Cnr Harman’s Mill Road and Tom Cullity Dr)
Jam buka: 09.00-17.00 (setiap hari)
Telp.: 08 9755 6555
Website: http://www.chocolatefactory.com.au
E-mail: mriver@chocolatefactory.com.au

 

(Tulisan ini dibuat untuk kampanye #AussieBanget kerja sama Tiket.com dan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia)

Leave a Reply

