[Travel Tips] Pengajuan Visa India 2017

Pengajuan visa India tahun 2017.

Ada beberapa opsi untuk mengajukan visa India. Yaitu, e-visa, datang ke Kedutaan Besar India, atau Visa on Arrival (VoA). Saya pribadi sempat dilema ingin memilih proses yang mana. Bahkan, sampai dalam tahap merecoki hidup banyak orang, karena banyak bertanya sana-sini.

Beberapa orang bilang, VoA itu sebetulnya praktis, tinggal mengajukan ketika tiba di bandara di India (tergantung masuk lewat mana). Tapi, beberapa juga bilang, VoA India kadang-kadang chaos atau antre (saya tidak tahu keadaan yang sebenarnya karena akhirnya tidak mencoba jalur ini). Karena itu, aman jika sudah memegang visa sebelum berangkat. Jadi, pilihan aman adalah datang ke Kedubes India–di Jakarta, letaknya ada di Jalan HR Rasuna Said Kav S-1, Kuningan, Jakarta Selatan.

Tempo hari, tepatnya Februari 2017, saya memilih mengajukan visa dengan datang ke Kedubes India di Jakarta. Ternyata, mudah. Dalam waktu 2-3 hari kerja–dengan membawa persyaratan yang lengkap–, visa India sudah diterima. Untuk lebih memudahkan, saya bantu dengan langkah-langkah detailnya.

Contoh formulir pengajuan visa India - Atre - renjanatuju.com
Contoh formulir pengajuan visa India yang bisa diunduh di website Indian Visa Online Government of India.
  1. Isi formulir visa yang bisa diunduh di https://indianvisaonline.gov.in/visa/index.html
  2. Setelah isi formulir di situs tadi, kita bakal langsung menerima formulir yang sudah diisi. Tinggal print, dan bawa kelengkapan dokumen lain, bawa ke kedutaan. Dokumen lainnya adalah pas foto dua buah, booking tiket PP, booking hotel, dan rekening tiga bulan terakhir. Akan sedikit diwawancara juga di tahap ini, antara lain akan ke mana saja, alasan datang ke India, dan masuk-keluar dari bandara mana (kebetulan waktu itu saya masuk dan keluar sama-sama di Delhi).
  3. Kedubes India buka dari pukul 08.00-12.30 untuk penyerahan dokumen pengajuan visa, dan pukul 13.00-17.00 untuk pengambilan paspor dan visa yang sudah disetujui. Hanya di hari Senin-Jumat. Catat waktunya.
  4. Setelah melewati keamanan dan menerima name tag visitor, kita akan diarahkan ke sebuah gedung tua. Ketika masuk, langsung ambil nomor antrean di dekat tiga loket yang berderetan. Nomor itu digunakan untuk menyerahkan dokumen di loket paling tengah.
  5. Kalau sudah dicek lengkap, akan disuruh menunggu untuk dipanggil ke loket paling kanan; pindai sidik jari dan foto visa.
  6. Setelah itu, menunggu lagi untuk membayar visa di loket paling kiri. Siapkan uang tunai.
  7. Untuk biaya visa India, waktu saya mengajukan bulan Februari, harga masih total Rp553 ribu. Tapi ternyata per April 2017, harga visa India naik. Harga lengkapnya bisa dicek di tautan ini, tapi kisaran naiknya menjadi Rp1,3 juta jika apply ke kedubes (untuk e-visa Rp700 ribuan): http://www.indianembassyjakarta.com/index.php/2013-05-20-10-03-10/visa-services/visa-fees.
  8. Ketika sudah selesai, akan diberi tahu waktu untuk mengambil paspor dan visa yang sudah disetujui. Ingat, jam pengambilan paspor ini hanya siang-sore hari.

Selesai, deh. Selamat menjelajah India!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s