Destinasi Lain di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara

Tidak cukup rasanya membahas Pulau Muna di Sulawesi Tenggara, lewat satu tulisan saja. Selain tidak adil bagi saya, yang ingin berbagi tempat-tempat wisata lebih banyak, tentu saja tidak adil juga buat Anda, yang berhak untuk tahu lebih lagi tentang Muna.

Inilah rekomendasi destinasi wisata di Pulau Muna, yang belum sempat dinyatakan di artikel sebelumnya.

Pulau Seribu Danau

Selain gua, Muna juga memiliki banyak sekali danau. Karena itu, banyak orang bilang kalau Pulau Muna adalah Pulau Seribu Danau.

Danau Ubur-ubur Desa Lohia. Foto: Laode Abdul Azan.
Danau Ubur-ubur Desa Lohia. Foto: La Ode Abdul Azan.

Beberapa di antara danau yang menarik untuk didatangi adalah Danau Ubur-ubur Desa Lohia; Danau Ubur-ubur Lakarinta (di kedua danau tersebut, hidup banyak stingless jellyfish di air biru jernih. Ya, danau ubur-ubur tidak hanya ada di Kakaban, Derawan, Kalimantan Timur); Danau Napabale yang berair warna toska susu, atau Danau Moko, tempat hidupnya tiga ekor penyu yang berenang bebas di air danau yang jernih.

 

Mata Air

Pulau Muna menyimpan banyak mata air yang biasa digunakan untuk pasokan air bersih masyarakat, seperti Mata Air Jompi, atau sebagai tempat pemandian, seperti Mata Air Topa, Desa Labone; Mata Air Motonuno, Desa Lakarinta; dan Pemandian Wakumoro, Desa Parigi.

AIR TERJUN

Di Desa Moolo Kecamatan Batukara Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, ada sebuah air terjun cantik bernama Air Terjun Kalima-lima. Namanya seperti mengindikasikan sesuatu berangka lima. Memang betul, air terjun ini membentuk lima jalur air yang menyebar di bebatuan kapur, untuk kemudian membentuk kolam berair hijau zamrud dan mengalir ke sungai.

Dari pusat Kota Raha, Air Terjun Kalima-lima di Desa Moolo bisa ditempuh dengan kapal motor sekitar 1 jam. Dan, karena letak air terjun tersebut berada di tengah hutan, kita perlu berjalan kaki dulu sekitar 3 km hingga sampai ke destinasi. Memang panjang perjalanannya, tapi percayalah, ini sungguh layak.

Air Terjun Kalima-lima Desa Moolo Pulau Muna - renjanatuju.com - Atre
Air Terjun Kalima-lima Desa Moolo, Pulau Muna, Sulawesi Tenggara. Foto: Ellen Kusuma.

 

Ewa Wuna

Ini adalah seni bela diri dari Muna yang salah satunya bisa ditemukan di Berumembe, Kecamatan Napabalo.  Ewa wuna kini menjadi tari penyambutan tamu atau hiburan di acara-acara tertentu, biasa dipentaskan oleh 6 orang. Beberapa memegang badik, beberapa memegang parang, tombak, dan bendera.

Dengan iringan musik rambi wuna, sungguh mendebarkan melihat orang-orang bersilat tubuh, bermain dengan badik dan parang. Ewa wuna bisa dilakukan oleh lelaki dan perempuan.

Tenun Muna

Kerajinan kain tenun yang dimiliki Muna—ada yang menggunakan pewarna alami, ada juga yang buatan—bisa ditemukan salah satunya di Desa Tenun, Masalili.

Kain Tenun Muna - Atre - renjanatuju.com

Kuliner

Selain ikan dan seafood yang luar biasa segar, Pulau Muna memiliki makanan lain yang wajib dicoba. Jangan lupa:

  • Papeda ikan kuah kuning
  • Sayur bening daun kelor
  • Lapa-lapa (berbentuk seperti lepet, tapi berisi beras bersantan. Cocok dimakan dengan sambal colo-colo dan ikan bakar. Glek!)
  • Kacang mede (bisa juga beli yang belum digoreng untuk oleh-oleh)
  • Nanas parigi (buahnya besar-besar, dengan daging buah yang manis dan juicy)
Kuliner Muna - Atre - renjanatuju.com
Nyam. Super ena’ semuanya!

 

Saya pribadi tidak sabar untuk bisa kembali lagi ke Pulau Muna. Sebab, masih banyak keindahan tersembunyi yang belum sempat saya datangi tempo hari. Bagaimana dengan kamu? Ingin main ke Muna?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s