Hotel Vila Lumbung: Little Ubud di Seminyak, Bali

Saya pernah membaca entah di mana, bahwa katanya, seseorang belum mengenal surga jika belum pernah ke Bali. Terdengar kacangan, tapi bisa jadi ada orang-orang yang percaya pada hal ini. Hanya saja, Bali beberapa tahun belakangan bagi saya adalah tentang kemacetan dan hiruk-pikuk yang berlebihan.

Bukan tanpa alasan, waktu membaca berita di internet, saya mengetahui kalau wisatawan yang datang ke Bali di tahun 2017, tercatat hingga bulan Juli, memang naik 24,46% dibandingkan tahun lalu. Kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, jumlah wisatawan memasuki angka 3.379.287 orang. Luar biasa.

Persoalannya hanya ini: akhirnya wisatawan yang berharap menemukan ketenangan di Bali, harus cerdik menentukan pilihan. Apalagi, di kawasan-kawasan yang saat ini sedang ramai-ramainya, seperti Seminyak.

Tahun ini, saya sudah beberapa kali main di Bali. Dan, ada masanya di mana saya kedapatan terjebak di tengah-tengah kemacetan di Pulau Dewata ini. Kena macet! Di Bali! Selama ini, saya pikir hanya Jakarta yang punya catatan tentang kemacetan. Sekarang, Bali juga hampir sama. Terdengar chaos, kan? Aslinya, lebih chaos lagi.

Masalahnya, saya kadung jatuh cinta pada kawasan Seminyak, karena ke mana-mana bisa jalan kaki; ke Pantai Seminyak, ke toko donat favorit, ke kedai kopi favorit, ke toko suvenir, ke banyak toko pakaian yang super gemas, dan banyak lagi. Jadi, Seminyak yang crowded selalu jadi pilihan pertama untuk tinggal selama di Bali. Saya beruntung menemukan satu hotel yang mumpuni meredam kebisingan Seminyak. Namanya, Hotel Vila Lumbung. Letaknya tepat berada di pusat keramaian Seminyak, di Jalan Petitenget No. 1000x, Bali.

Hotel Vila Lumbung, Seminyak, Bali - Atre - renjanatuju.com

 

Little Ubud di Pusat Seminyak, Bali

Ada suatu hal yang mengagumkan tentang Hotel Vila Lumbung, bahkan sejak pertama kali saya memasuki gerbang utamanya. Riuh klakson dan kendaraan jalanan Seminyak, langsung samar untuk kemudian menghilang sama sekali, saat saya memasuki lebih dalam area Hotel Vila Lumbung seluas 12.000 m2. Pantas saja, hotel ini memiliki julukan “Little Ubud in Seminyak”. Seperti, kita berada di Ubud yang damai, rindang, dan tenang, saat kita berada di boutique hotel berbintang 4 ini.

Saya pribadi bisa bilang, ini kemenangan buat saya. Sebab, saya merasakan pengalaman dua sisi Bali yang berbeda—Bali yang tenang dan Bali yang riuh rendah—dalam waktu yang bersamaan.

Tahu apa yang membuat Hotel Vila Lumbung semakin menyenangkan? Baru pertama kali ini saya bertemu dengan orang baru, dan lima menit kemudian segera disambut oleh lelucon-lelucon yang bikin perut sakit, dan curahan hati tentang percintaan. Anehnya, saya tidak merasa terganggu. Justru sebaliknya, seperti bertemu kawan lama. Para staf Hotel Vila Lumbung bisa melakukan itu pada saya, saking hangat dan terbukanya mereka. Terima kasih paling spesial untuk Dwi Karmayanti atas segala bantuannya dan Chef Raka untuk donat, tiramisu penuh rum, serta semua makanan lezat yang disajikan.

Food in Hotel Vila Lumbung - Atre - renjanatuju.com

 

Pengalaman Menginap di Lumbung Khas Bali

Hotel Vila Lumbung memiliki desain yang kental akan elemen-elemen Bali dan mengedepankan green ambience. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di hotel ini, seluruh panca indra saya dimanjakan oleh kedua hal tersebut.

The lobby of Hotel Vila Lumbung - Atre - renjanatuju.com

Berbagai jenis pohon, mulai dari mangga sampai nangka, meneduhkan seluruh kawasan hotel. Di beberapa sudut, bahkan ada juga area yang ditanami oleh padi. Suara burung menjadi musik yang sepanjang hari terdengar di telinga. Sekali lagi, seperti di Ubud.

Lalu, saya tiba di lobi hotel yang luas dengan bentuk atap dari kayu yang mengagumkan. Rupanya tidak hanya lobi, seluruh bangunan di Hotel Vila Lumbung terinspirasi oleh desain lumbung tradisional khas Bali.

Ada 70 kamar di Hotel Vila Lumbung, yang terbagi menjadi empat tipe: Superior Room, Deluxe Lumbung Room, Deluxe Family Room with Kitchenette, dan 3-Bedroom Villa.

Superior Room adalah tipe paling sederhana di Hotel Vila Lumbung yang berada di bangunan tiga lantai. Superior Room sebesar 46 m2 ini sungguh luas dan nyaman dengan desain kombinasi modern dan tradisional Bali. Ditambah, tersedia balkon di tiap kamar yang menghadap kolam renang.

Deluxe Lumbung Room seluas 65 m2 adalah favorit saya. Tidak hanya karena keluasannya, tapi tipe ini memberikan pengalaman menginap di lumbung, dengan lebih maksimal. Atap sirap tetap jadi favorit saya dari kamar ini, di luar balkon atau teras yang luas dengan pemandangan hijau, ranjang yang nyaman, sampai outdoor shower yang unik.

Deluxe Family Room sama seperti Deluxe Lumbung Room, memiliki luas 65 m2. Bedanya hanya, kamar ini memiliki balé di dalam ruangan yang terintegrasi dengan kamar tidur dan teras. Kamar keluarga ini juga memiliki dapur dengan peralatan lengkap dan bathtub di kamar mandi luas!

3 Bedroom Villa, sudah bisa ditebak, tentu saja cocok untuk keluarga atau wisatawan yang traveling dengan sekelompok sahabat. Vila ini terdiri dari tiga lantai. Di lantai dasar, terdapat ruang tamu luas dengan kamar tidur utama yang memiliki pemandangan taman serta bathtub mewah yang berada di samping taman. Di lantai kedua, ada kamar tidur dengan twin beds kayu. Di lantai teratas, ada kamar tidur double bed dengan atap sirap berbentuk kubah.

Saya tidak bisa berhenti mengagumi keindahan atap kamar dari kayu yang melengkung dan mampu menciptakan nuansa tradisional serta megah dalam waktu yang bersamaan.

Oh, jadi kira-kira beginilah rasanya menginap di dalam lumbung versi besar.

 

Fasilitas-fasilitas Lain yang Menyempurnakan Staycation di Hotel Vila Lumbung

Dengan kamar yang begitu nyaman, potensi untuk betah di kamar dan tidak ingin ke mana-mana memang begitu besar. Tapi, sayang sekali jika akhirnya ‘hanya’ berkutat di dalam kamar, sementara fasilitas-fasilitas lain di Hotel Vila Lumbung sangat variatif dan sangat perlu untuk dicoba.

Pertama, tentu saja saya harus menyebut kolam renang 2 level yang sudah memanggil-manggil dari teras atau balkon kamar. Dikelilingi oleh taman hijau dan pepohonan rindang, kolam renang ini adalah area paling ramai sepanjang hari oleh para tamu yang sebagian besar didominasi oleh wisatawan mancanegara.

Swimming pool 2-level - Atre - renjanatuju.com

Tidak hanya berenang, kita bisa berjemur di tepi kolam di kursi santai, berendam di jacuzzi tepat di sebelah kolam renang utama, atau memesan cocktail favorit paling refreshing di bar yang bisa diakses dari kolam renang.

Kedua, spa. Oh, saya sempat mencoba creambath dan lulur di The Demada Spa, nama spa yang ada di Hotel Vila Lumbung ini. Rasanya luar biasa, dengan para masseuse profesional dan ramah. Kulit saya yang agak terbakar dan pegal-pegal karena bersenang-senang di Bali, jadi lebih santai.

Tidak hanya creambath dan lulur, di The Demada Spa, ada banyak pilihan perawatan, mulai dari foot reflexology, berbagai macam facial, back theraphy untuk punggung dan leher yang tegang, pijat tradisional Bali untuk meredakan ketegangan, memperbaiki sirkulasi darah dan otot yang nyeri, Aloe vera body mask untuk yang mengalami kulit terbakar, hot stone theraphy, Royal Javanese Lulur yang terinspirasi dari perawatan tubuh kerajaan abad 17 di Jawa, sampai chocolate bath untuk merevitalisasi kulit dengan coklat. Kita bahkan bisa memesan untuk spa di gazebo di tepi kolam renang, jika ingin menikmati perawatan dengan latar suara air gemericik dan suara burung.

Di luar itu, Hotel Vila Lumbung juga dilengkapi oleh restoran yang menyajikan menu lokal dan internasional, taman bermain di luar ruang untuk anak-anak, gym gratis, ruang rapat yang bisa menampung hingga 70 orang, sampai menjadi wedding venue di antara pepohonan, baik itu bertema Bali ataupun western.

Kalau ke Bali lagi, Hotel Vila Lumbung bakal jadi pilihan teratas untuk penginapan. Bagaimana dengan kamu?

 

HOTEL VILA LUMBUNG

Website: http://www.hotellumbung.com/
Instagram: https://www.instagram.com/hotelvilalumbung/
YouTube: https://www.youtube.com/channel/UCdG-3QF5f-lnbuSKG9b2utw
Facebook: https://www.facebook.com/hotelvilalumbungbali/
E-mail: reservation@hotellumbung.com
Telepon: +62 361 4730 204
Faks.: +62 361 4731 106

 

RATES

Superior Room US$160
Deluxe Lumbung US$235
Deluxe Family Bungalow US$300
3 Bedroom Deluxe Villa US$500
Extra Bed US$35

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s