Karma Kandara Resort for Luxurious Staycation in Bali

Paradise comes in many guises. Pertama kali baca kalimat ini, siapa pun pasti setuju. Kadang-kadang bentuknya sesederhana bisa makan makanan favorit, atau bisa jadi semewah mewujudkan mimpi bisa traveling ke destinasi impian. Kali ini, “paradise” yang saya alami adalah menghabiskan waktu bermalam di Karma Kandara Resort, Ungasan, Bali.

Traveling adalah tentang melemaskan urat yang kaku dan melepaskan kelelahan akan rutinitas. Karena itu, setiap orang yang beperjalanan pasti menginginkan kenyamanan lewat apa pun bentuknya. Bagi traveller kelas atas, salah satu hal yang mampu mewujudkan impian atas liburan yang sempurna adalah penginapan yang tepat dan mewah, tentu saja.

Karma Kandara Resort Bali Villa

Bicara soal penginapan mewah, saya sudah sejak lama punya kecintaan yang platonis pada Karma Group, sebuah brand yang punya reputasi bagus di bidang travel & entertainment. Mulai dari, gelaran pesta di tepi pantai, spa mewah yang memberi banyak pilihan perawatan, dan tentu saja, hotel-hotel berbintang lima. Kabarnya, Karma Group memang sengaja diciptakan untuk para traveller kelas atas yang memuja kemewahan dan kenyamanan tingkat tinggi selama perjalanan. Kata kunci utamanya adalah luxurious.

Karma is about soul. It’s about putting extra before ordinary. And it’s about you. Itu kutipan memikat yang saya baca di situs Karma Group.

Karma lahir dari ide John Spence, lelaki asal Inggris yang merupakan hotelier terkenal. Hingga kini, Karma Group bisa ditemukan di 23 lokasi di empat benua, termasuk Thailand, India, Australia, dan Bali.

Dalam perjalanannya, saya dengar Karma telah memenangkan hati begitu banyak orang, dan meraih banyak penghargaan bergengsi. Seperti, World Luxury Hotel Awards Winner 2015, lalu khusus untuk Karma Kandara Resort, ada penghargaan Best Exterior Design 2015, Bali Tourism Awards Winner 2016, serta Haute Grandeur Global Hotel Awards 2016. Kenapa saya khusus menyebut penghargaan untuk Karma Kandara Resort? Karena sudah bisa ditebak, mulai dari kalimat ini hingga penghabisan, saya akan bicara tentang hotel ini.

 

KARMA KANDARA RESORT DI PUNCAK BUKIT PENINSULA

Karma Kandara Resort yang terletak di Ungasan, Bali, terdengar menakjubkan. Apalagi mendengar banyak penghargaan yang mengapresiasi kehadirannya. Karena itu, pada November 2017, saya excited betul akhirnya bisa merasakan dua malam staycation di hotel bintang lima ini.

Jarak Karma Kandara Resort hanya 40-50 menit dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Jalan yang dilalui berkelok-kelok dan mendaki.

Saya menuju wilayah selatan Bali yang berbatu dan kering—karena memang wilayah ini adalah batu kapur yang tidak subur. Sampai di Uluwatu, lalu saya melewati salah satu objek wisata populer di Bali yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK). Hingga akhirnya, saya tiba di Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, di Bukit Peninsula, titik paling selatan Bali, yang menghadap langsung ke lautan. Letaknya sungguh tersembunyi, jika tidak bisa dikatakan terpencil.

Begitu pertama kali menjejakkan kaki di kawasan Karma Kandara Resort, impresi pertama saya adalah eksklusif. Seluruh area sangat tenang, dengan latar suara ombak yang sayup-sayup.

Tempat ini seperti nirwana terasing yang sempurna.

Karma Kandara memiliki jalan setapak berliku dan dinding yang terbuat dari batu berwarna putih pupus. Sementara, bangunan vila terlihat dari luar, bernuansa khas Bali yang kental, dengan atap alang-alang atau kayu sirap dan pintu gerbang kayu yang berwarna-warni (gemash!).

Karma Kandara Resort Bali Stone Wall
Beautiful pathway with lush flowery garden and stone wall at Karma Kandara Resort, Ungasan, Bali.

Sekarang, mari ikut saya menjelajah seisi Karma Kandara Resort, sebelum akhirnya bisa bersantai-santai menikmati fasilitas-fasilitas lain di tempat ini.

 

VILLA ON THE CLIFF

Dari lobi yang dekat dengan lahan parkir, saya berjalan kaki menyusuri jalan setapak berbatu yang berliku. Sebetulnya, ada hotel buggy yang setiap saat bisa digunakan untuk berkeliling hotel—tidak perlu melulu jalan kaki. Akhirnya, saya tiba di depan pintu hijau yang manis. Ketika pintu ini terbuka, kembali ada jalan dengan dinding batu dan pepohonan rindang berbunga. Jalan ini mengantarkan saya pada kolam renang pribadi dengan gazebo kecil, dan vila dengan dua kamar tidur bernuansa kayu beratap alang-alang dengan teras mungil.

Ketika memasuki bangunan dengan pintu geser dari kayu dengan kaca besar-besar, saya langsung tiba di ruang tamu dengan sofa menghadap ke televisi. Di sebelahnya, terdapat set meja-kursi makan.

Karma Kandara Resort Bali Living Room Villa
Through the slide-door, we immediately arrived at the most comfortable living room, dining room, and kitchen. Foto: Calvin Damas Emil.

Lalu, memasuki lebih dalam, ada ruang tidur king size bed lengkap dan kamar mandi luas bergaya semi-alfresco dengan bathtub besar menggoda. Saya kemudian langsung tergelitik untuk menaiki tangga ke lantai atas. Di atas, terdapat ruang tidur juga dengan ranjang ukuran king size, dengan kamar mandi yang lebih kecil.

Sayangnya, saya sendirian menginap di vila yang sebetulnya dimaksudkan untuk 4 orang. Sempat merasa hampa. Tapi, setelah menerima complimentary sebotol white wine dan finger foods dari Karma Kandara, kehampaan berubah jadi keleluasaan. Saya membawa wine dan camilan tersebut ke tepi kolam renang, lalu menikmatinya di sana. Sendirian, tapi tenang.

Saya menyempatkan diri untuk berkeliling sendirian. Vila-vila di Karma Kandara Resort ini sungguh membawa ambience Bali ke level luxury. Vila yang luas, taman yang asri, dan lingkungan yang tenang, langsung bikin jatuh hati.

Saya sendiri jatuh cinta pada desain interior di tiap vila yang didominasi kayu dan membawa kesan hangat. Juga, pilihan furnitur yang sederhana, tapi berhasil memberi sentuhan “mahal”. Setiap detail juga diperhatikan, mulai dari lampu meja yang estetis, lukisan di dinding, buah-buahan segar di atas meja makan, sampai berbagai jenis gelas di rak dapur.

Karma Kandara Resort Bali Details

Super comfy, super spacious. 

Karma Kandara Resort rupanya tidak cuma tepat dinikmati sendirian. Ia juga cocok untuk liburan keluarga karena vilanya yang luas. Ia juga pas untuk pasangan yang sedang bulan madu, karena suasananya yang tenang dan privat. Ini beberapa tipe vila di Karma Kandara Resort yang bisa dipilih sesuai gaya traveling Anda.

Karma Kandara Resort Bali Villa 2
Luxurious villa at Karma Kandara Resort, Bali, with its private pool. Looks tempting. Foto: Calvin Damas Emil.

1 Bedroom Pool Villa dengan kolam renang pribadi, taman kecil, vila dengan satu ruang tidur, dapur, dan ruang tamu.

2 Bedroom Pool Villa adalah vila dua kamar tidur (King Master Bedroom dan Queen Bedroom), lengkap dengan kolam renang pribadi, dapur, taman, dan ruang tamu.

3 Bedroom Pool Villa, yaitu vila tiga kamar luas, lengkap dengan ruang tamu luas, taman, kolam renang, dan dapur.

4 Bedroom Pool Villa adalah vila empat kamar tidur dengan pemandangan taman, ruang tamu luas, kolam renang, dan dapur.

Cliff-front Residences, yang terdiri dari dua unit bernama Karma Villa Maria dan Villa Grand Residence Nirvana, adalah properti yang berada di atas bukit dengan pemandangan langsung mengarah ke lautan.

Karma Villa Maria adalah vila seluas 1.200 m2 dengan lima kamar tidur, spa yang memiliki kamar sauna dan steam, tiga jet pool, cinema room, gym pribadi, dan dua kolam renang privat.

Villa Grand Residence Nirvana merupakan vila seluas 922 m2 dengan empat kamar tidur, lounge mewah, dapur, cinema room, kolam renang pribadi, cliff-side deck, dan private patio. Sounds super luxurious!

 

DUA RESTORAN DI KARMA KANDARA YANG MEMBUAT LIDAH BERDANSA-DANSI

Tidak hanya kenyamanan vila, Karma Kandara Resort juga menawarkan berbagai fasilitas yang banyak sekali. Di ujung jalan setapak berliku yang terbuat dari batu, saya tiba di infinity pool yang menghadap langsung ke Samudera Hindia, dekat dengan salah satu restoran di Karma Kandara, yaitu di Mare Restaurant.

Karma Kandara Resort Bali In Front of Di Mare
One of my favorite place at Karma Kandara Resort: di Mare Restaurant. Foto: Calvin Damas Emil.

Saya sempat merasakan pengalaman dinner di di Mare Restaurant. Meskipun lautan gelap, tapi suara ombak samar-samar terdengar. Ini jelas membuat semua makanan terasa lebih nikmat di lidah. Saya memandang ke sekeliling saat dinner itu. Semua meja terisi oleh turis mancanegara yang datang berpasangan atau sekeluarga. Saya untungnya saat itu sempat ditemani oleh seorang kawan fotografer yang tinggal di Bali bernama Calvin Damas Emil (cek karya-karyanya di http://calvinemil.com/).

Di Mare Restaurant terkenal karena seluruh menunya dibuat dengan bahan-bahan yang super segar dan rasa yang eksotik. Melihat jajaran menunya, ini merupakan perpaduan antara menu-menu Asia dan Eropa. Beberapa menu yang datang ke meja kami malam itu, membuat indra perasa saya dansa-dansi.

Mulai dari menu pembuka Salt and Pepper Calamari with Ink Aioli yang gurih, main course Moroccan style flat bread dan grilled lamb yang sangat empuk, sampai Coconut Panna Cotta sebagai penutup. Kadang-kadang, ada kombinasi rasa yang aneh, tapi setelah dicoba, cocok dan lezat. Seperti, markisa pada sorbet kelapa. Sungguh makan malam yang penuh kejutan.

Dari restoran, letak Karma Kandara Resort di ketinggian 85 meter baru sangat kentara di sini. Saya sendiri langsung terpana. Saat siang, batas laut seperti tidak ada batasnya. Air laut terlihat begitu tenang. Karma Beach seperti terlihat jauh di bawah sana. Pepohonan rindang menutupi sisi daratan. Banyak orang lalu-lalang—sebagian besar turis mancanegara—di sekitar kolam renang. Tapi, hanya sedikit yang siang itu berenang—karena memang Bali sedang panas-panasnya.

Di dekat kolam renang dan restoran itu, terdapat cable car berbasis rel yang mengantarkan kita ke restoran lain yang letaknya di tepi pantai, Karma Beach Restaurant, sekaligus ke pantai berpasir putih Karma Beach.

Saya sempatkan makan siang di Karma Beach Restaurant, ditemani angin laut yang langsung membuyarkan rambut dan menepuk-nepuk pipi. Restoran di tepi pantai ini adalah restoran berkonsep beachside cabana yang beratap alang-alang bernuansa bambu. Menu-menu yang ada di sini lebih banyak western food, seperti salad, pizza, dan beragam minuman dingin alkohol ataupun non-alkohol yang refreshing.

Karma Kandara Resort Bali Beach Restaurant
Karma Beach Restaurant with beachside-cabana style from afar. Foto: Calvin Damas Emil.

After all, food always tastes better in the open air. Don’t you agree?

 

OTHER LUXURIOUS FACILITIES IN KARMA KANDARA RESORT

Yang menyenangkan, di Karma Kandara Resort, kita akan ditemani oleh seorang concierge pribadi untuk membantu kita dalam hal apa pun, mulai dari merencanakan jadwal, memesan reservasi restoran, menjelaskan segala fasilitas di hotel, dan lain-lain.

Saya banyak meminta bantuan concierge hanya melalui telepon. Kebanyakan, saya bertanya tentang fasilitas-fasilitas di Karma Kandara Resort. Sisanya, saya mengeksplorasi sendiri, karena lebih nyaman demikian.

Saya baru paham belakangan kalau concierge ini memang perlu dan patut karena fasilitas di Karma Kandara sungguh beragam. Tidak akan bisa dicoba semua dalam waktu singkat. Karena itu, butuh konsultasi dengan concierge tentang fasilitas apa yang kita paling inginkan dan kita prioritaskan.

Karena saya menginap di 2 Bedroom Pool Villa dengan kolam renang pribadi, saya tidak tergoda untuk mencoba infinity pool di atas tebing. Saya menjelajah seluruh area Karma Kandara Resort, memastikan saya tidak melewatkan satu hal pun. Mulai dari menikmati taman rindang di seluruh area hotel yang sedang banyak berbunga; bersantap lezat di dua restoran yang sudah saya ceritakan sebelumnya; mampir di Temple Bar & Lounge dekat di Mare Restaurant yang diisi banyak sofa empuk, lampion warna-warni, dinding batu putih, dan atap alang-alang; hingga menghabiskan hari di Karma Beach yang tenang—sembari melihat para penikmat laut sedang bersenang-senang berselancar, paddle boarding, dan bersiap snorkelling.

Karma Kandara Resort Bali Beach
The very calm waters in Karma Beach, Bali. Foto: Calvin Damas Emil.

Siapa sangka, Karma Kandara Resort ternyata lebih dari itu. Masih banyak fasilitas yang tersedia, tapi tidak sempat saya coba alami.

Veritas Wine Bar
Saya agak menyesal karena terlalu puas dengan white wine yang tersedia di kamar. Jadi, tidak terpikir untuk mengunjungi salah satu sudut yang menjadi surga anggur di Karma Kandara Resort: Veritas Wine Bar. Saya baru tahu belakangan kalau di tempat ini tersedia wine dari berbagai usia. Kita bahkan bisa melakukan wine tasting di sini. Damn, I missed it.

Gym atau Aktivitas Lain
Kalau Anda pencinta olahraga dan tidak menjadikan traveling sebagai alasan untuk tidak melakukannya, Karma Kandara Resort punya gym yang memikat. Letaknya di tempat bergaya tree house, bernuansa kayu, dengan pemandangan mengarah ke hutan rindang. Kalau tidak suka ngegym, ada pilihan yoga di tepi pantai saat senja, belajar memasak dengan chef andal, atau party di bawah bintang bersama DJ internasional yang kerap hadir di hotel ini.

Karma Spa & Sea Spa
Oh, yash, SPA! Saya juga menyayangkan tidak sempat mencoba perawatan tubuh dan wajah di Karma Spa & Sea Spa. Hanya karena saat itu sedang terserang flu berat, yang saya pikirkan hanya tidur, makan, dan ulangi terus.

Saya baru tahu kemudian bahwa Karma Spa & Sea Spa di Karma Kandara Resort adalah pemenang untuk Luxury Spa Awards 2015. Tak terbayang tentu betapa nikmatnya berspa di sini. Apalagi, kita bisa menikmati spa di pondok-pondok terbuka dengan pemandangan langsung ke laut dan sepoi-sepoi angin bertiup. Memang harganya terlihat pricey, tapi saya rasa bakal layak. Menu: Karma Spa & Karma Sea Spa.

Weddings Venues
Dari awal saya tidak heran, kalau banyak pasangan yang dimabuk asmara ingin menikah di Karma Kandara Resort. Alasannya banyak. Karma Kandara terletak di atas bukit dengan tebing menghadap ke pantai privat. Suasananya yang menenangkan.

Belum lagi, kita bisa memilih gaya yang sesuai dengan selera kita. Seperti, Di Mare Beautiful Beach Wedding untuk gaya “beach wedding”, dengan kanopi dari bambu di atas pasir putih. Cliff Front Garden Wedding Package untuk “green wedding” yang dikelilingi oleh ambience taman yang rindang di atas tebing dan bunga-bunga tropis yang bermekaran. Atau, Grand Cliff Front Residence, Villa Asia Wedding Package untuk mewujudkan “white wedding” mewah impian, dengan dekorasi serba putih, dan sun-dappled terrace dengan pemandangan langsung ke arah lautan, yang membuat suasana lebih spesial. Pilihan lainnya bisa dicek di SINI.

Three Monkeys Kids Club
Fasilitas ini yang akhirnya membuat saya yakin bahwa Karma Kandara Resort memang juga cocok untuk tempat liburan keluarga. Three Monkeys Kids Club dibuat untuk anak-anak mulai 2 hingga 11 tahun. Di sini, berbagai aktivitas tersedia khusus untuk anak-anak, seperti membuat layang-layang, crafting, berenang, sampai menyusuri pantai. Anak-anak senang, orangtua juga pasti ikut senang.

Setelah membahas dengan (hampir) detail, saya bisa bilang, Karma Kandara Resort berhasil memenuhi semua checklist sebagai syarat luxurious staycation di Bali.

Easy check-in, easy check out: centang. Vila luas dan nyaman, sesuai dengan apa yang kita inginkan: centang. Desain interior dan pilihan furnitur yang berkualitas: centang. King size bed yang super nyaman: centang. Fitur-fitur tak terbatas yang tersedia di kamar, mulai dari jubah mandi, sandal, dapur, Wi-Fi, TV layar datar berukuran besar, bathtub, coffee maker, sampai safety box super aman: centang. Fasilitas-fasilitas berkualitas tinggi: centang. Dan banyak lagi centang lainnya untuk Karma Kandara Resort.

Karma Kandara Resort Bali Private Pool Reading
Super relaxing time at Karma Kandara Resort, Ungasan, Bali. Foto: Calvin Damas Emil.

Di akhir staycation, saya cuma bisa menggoncang-goncang kepala sendiri karena tidak percaya kalau pengalaman glamor ini harus berakhir. Waktu cepat sekali berlalu kalau kita bersenang-senang, ya. Tapi, setidaknya, staycation ini berakhir sempurna karena Karma Kandara Resort telah memberi kesan paripurna. Carpe diem, carpe noctem!

 

KARMA KANDARA RESORT
Jalan Villa Kandara, Banjar Wijaya Kusuma, Ungasan, Bali, 80362 Indonesia
E-mail: info@karmakandara.com
RSVP: res@karmaresorts.com
Booking: https://karmagroup.com/securebooking/karma-kandara/
+62 361 8482200
+62 361 8482202

 

P.s. Thank you once again, Calvin. You’ve been very helpful! Go check his awesome pictures on his blog CREDO, guys. 

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    cukup menyenangkan buat free time kak ini..
    buat 4 orang cuma di inepin kamu saja..
    gak bosen tuh..

    1. Atre says:

      Seru banget, Mas. Sempet yang keisengan sendiri sih pas malam, soalnya luas banget dan sendirian. Tapi, sisanya, seru-seru ajaaaa 🙂

  2. Rizka Nidy says:

    Aku pernah 2x ke Karma Kandara, tapi gak pernah nginep. Cuma nongkrong cantik aja di Di Mare Restaurant & pantainya di bawah. Tiap ke sana selalu ‘huwow’. Bagus banget tempatnya dan gak rame jadi bisa enjoy banget. Mudah-mudahan di lain waktu bisa ngerasain juga bobo cantik di sana. 😂

    1. Atre says:

      Ih, ada Miss Nidy di sini. Aku juga baru pertama kalinya itu nginep di Karma Kandara. Kamu hits sekali nongkrongnya di di Mare Restaurant. Ena’ yaaa, langsung menghadap ke lautan luas banget gitu.

      Semoga bisa nginep di Karma Kandara kapan-kapan yaaaa. Jadi #resolusi2018 nggak nih? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s