Singapore Tourist Pass, Kartu Spesial untuk Explore Singapura

Singapura itu istimewa karena ia menjadi negara kesepuluh yang aku kunjungi.

Entah aku yang sepatutnya merasa beruntung, atau Singapura sendiri yang mesti berbangga hati karena menjadi yang kesepuluh. Ha-ha. Singapura, kan, dekat. Masa ‘cuma’ jadi negara yang kesepuluh, bukan malah yang pertama atau kedua? Mungkin banyak yang berpikir begitu.

Singapore Tourist Pass - Astri Apriyani - Atre's Odyssey

Aku akui, kawasan Asia Tenggara tidak menjadi prioritas tiap kali traveling. Kalau dipikir-pikir, aku baru mampir ke beberapa negara saja di Asia Tenggara. Aku selalu beranggapan, yang dekat bisa dilakukan nanti belakangan. Sampai akhirnya memasuki dua tahun belakangan, pikiran mulai berubah. Asia Tenggara mulai kujajal satu-satu. Jadi, tahun lalu, aku yang ‘perawan’ untuk urusan Singapura, memutuskan untuk menjejakkan kaki di Kota Singa.

Hah, baru pertama kali ke Singapura?

Untuk ukuran ‘perawan’, aku dan teman perjalananku kali ini, Arnellis, cukup fasih dalam hal menjelajah Singapura. Seperti biasanya, kami selalu sudah mencocokkan selera dan spot yang diminati, untuk dimasukkan dalam itinerary. Daftar tempat yang hendak dikunjungi beserta kawasannya dan bagaimana cara mencapainya, sudah kami tuangkan dalam lembaran-lembaran kertas. Untungnya, Singapura bukan lagi destinasi yang underrated. Namun, tidak untungnya, negeri kecil ini cenderung padat wisatawan alias kebalikan dari less touristy.

Pelajaran pertama yang aku dan Arne pelajari untuk kemudian praktikkan, adalah bagaimana cara berkeliling Singapura dengan cara yang paling praktis juga nyaman. Jawabannya, MRT. Selain mau ke mana-mana jadi cepat, MRT di Singapura juga sudah terkoneksi dengan mal atau pusat perbelanjaan.

Khusus buat turis, ada kartu spesial nan magis yang bisa digunakan untuk berkeliling Singapura dengan MRT sepuasnya. Unlimited rides just with one card. Nama kartunya adalah Singapore Tourist Pass.

 

WHAT IS SINGAPORE TOURIST PASS?

Singapore Tourist Pass 3 day pass - Astri Apriyani - Atre's Odyssey

Secara ringkas, Singapore Tourist Pass (STP) adalah sebuah kartu pass yang bisa digunakan untuk naik berbagai jenis transportasi umum di Singapura dalam jangka waktu tertentu, seperti MRT, LRT, sampai bus. Singkatnya, seperti kartu abodemen yang biasa kita gunakan di Jakarta. Kita tak perlu membeli tiket tiap kali hendak naik transportasi umum. Cukup membeli STP yang sudah berisi dana.

Ada tiga tipe STP yang bisa kita pilih. Yaitu, 1-day pass seharga SGD20, 2-day pass seharga SGD26, dan 3-day pass seharga SGD30. Tiap pass ini termasuk refundable rental deposit sekitar SGD10, yang akan dikembalikan kepada kita ketika kita menyerahkan kartu fisik STP di akhir perjalanan.

Refund hanya bisa dilakukan di titik-titik TransitLink Ticket Offices berada, seperti di Changi International Airport, atau di SMRT Passenger Service Centres yang ada di beberapa stasiun MRT, seperti Stasiun Bugis, Changi Airport, Kranji, Lavender, Dhoby Ghaut, dan Marina South Pier.

Tipe-tipe kartu lain, di luar STP, yang bisa digunakan di Singapura.

Type of Pass Singapore

 

WHERE TO BUY IT?

Sama seperti proses refund, Singapore Tourist Pass bisa dibeli di titik-titik keberadaan TransitLink Ticket Offices. Antara lain, di Ang Mo Kio, Bayfront, Bugis, Changi Airport, Chinatown, City Hall, Farrer Park, HarbourFront, Jurong East, Kranji, Lavender, Orchard, Raffles Place, Somerset, Tanjong Pagar, dan Woodlands.

MRT route Singapore - Astri Apriyani - Atre

Prosesnya sama sekali tidak ribet jika langsung membeli di tempat. STP mudah didapatkan dan mudah digunakan. Jadi, keliling Singapura dengan transportasi umum akhirnya super menyenangkan.

 

 

Selanjutnya: destinasi-destinasi di Singapura yang bisa diraih dengan MRT.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s