Telah Terbit: Antologi Sajak Kita adalah Sekumpulan Patah Hati yang Memilih Matahari

Buku antologi sajak tunggal pertama saya berjudul Kita adalah Sekumpulan Patah Hati yang Memilih Matahari terbitan Bhuana Sastra BIPGramedia telah terbit.

Perjalanan #KaSPHyMM ini panjang sekali. Sejak 2013, ketika pertama kali dapat “titel” penyair karena Ubud Writers and Readers Festival 2013, hidup malah membelokkan saya lebih banyak menulis nonfiksi—bukannya fokus di fiksi. Hingga akhirnya, tahun lalu, 2019, tahu-tahu saya sendiri terhentak. “Bangun, sudah tujuh tahun. Mimpi fiksi ini harus diwujudkan.”

KaSPHyMM

Baca juga: Tribute Night for RA Kartini – Ubud Writers and Readers Festival 2013

Menjawab kalian yang perhatian suka menyelipkan pesan-pesan lewat DM media sosial dan bertanya, “Kok, Kak Atre lama nggak keliatan?” Bukan, saya bukan berubah jadi hantu. Tapi, memang belakangan saya jarang keluar rumah—bahkan sebelum ada peraturan tentang isolasi fisik atau physical distancing di era covid-19 ini.

Buku antologi sajak Kita adalah Sekumpulan Patah Hati yang Memilih Matahari Astri Apriyani

Belakangan, karena hendak melunasi mimpi fiksi yang satu ini, saya memilih-milah pekerjaan. Semua demi si anak pertama cepat selesai. Terbit di bawah penerbit Bhuana Sastra BIPGramedia dengan editor Ani Syahara (https://www.instagram.com/absurditaabsurd), buku antologi sajak #KaSPHyMM ini berisi 40 sajak dari tahun 2008 hingga terbaru 2019. Semua diciptakan ketika saya traveling ke banyak destinasi. Jadi, ada sajak dari Lasem, hingga Yapen, dari Vietnam hingga Islandia. Supaya lebih syahdu, saya tampilan pula foto-foto dari berbagai tempat tersebut sebagai pendamping sajak.

Buku antologi sajak Kita adalah Sekumpulan Patah Hati yang Memilih Matahari Astri Apriyani

Sudah lebih dari sebulan buku ini terbit (Februari 2020). Tak tahu juga saya sudah berapa banyak orang yang membaca. Yang jelas, terima kasih buat dukungan teman-teman semua, baik di dunia nyata ataupun maya, yang japri atau terang-terangan di ranah publik media sosial, yang sigap sejak zaman pre-order atau yang membeli di Toko Buku Gramedia dan online di gramedia.com.

Buku antologi sajak Kita adalah Sekumpulan Patah Hati yang Memilih Matahari Astri Apriyani

Terima kasih pula kepada teman-teman yang sudah terpicu kreativitasnya dan akhirnya menghasilkan karya lain dari karya saya. Baik dalam bentuk bedah buku, diskusi, sampai pembacaan sajak.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Astri A • Freelance Writer (@atre7) on

 

Terima kasih sudah mau merayakan #KaSPHyMM bareng saya. Means a lot. Gamsahamnida. Thank you. Xie xie. Jullay!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s