[Fiksi] Cerita tentang Rempah-Rempah Nusantara dalam Bandul

Sejak Desember 2023, saya sedang khusyuk menulis novel sejarah pertama saya yang secara gratis bisa dibaca di situs Gramedia Writing Project (GWP).

Sinopsis singkatnya, cerita berjudul POMANDER ini berkisah tentang Sadi, seorang perempuan penulis yang bekerja dan hidup di Jakarta, sedang melakukan perjalanan ke Banda Neira ketika di sana, di sebuah rumah cagar budaya tua yang sedang direnovasi, ia menemukan sebuah bandul keemasan berwarna kuning menggelap.

Bandul ini terdiri dari enam ruang wadah yang ternyata berisi enam macam rempah-rempah berbeda yang sudah lawas. Tak lama kemudian, Sadi mendadak berada dalam perjalanan kembara ke beberapa destinasi di Indonesia; mengenal rempah-rempah yang ada di bandul yang ternyata bernama “pomander” itu dan mengenal kuliner Nusantara yang membuat Sadi jatuh cinta.

Sampai detik ini, kisah baru mencapai Bab 4 dari total rencana akan sampai Bab 8. Segala hal masih bisa berubah. Untuk mendukung karya saya, silakan bisa membaca tulisan POMANDER di sini:

BACA POMANDER DI SINI.

Leave a comment